• Selasa, 26 Oktober 2021

99 Anak di Kota Salatiga Kehilangan Orangtua Yang Meninggal Karena Covid-19

- Kamis, 16 September 2021 | 18:09 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SALATIGA, harianmerapi.com - Walikota Salatiga, Yuliyanto mengatakan jumlah yatim/piatu yang ditinggal meninggal orangtuanya karena covid-19 sebanyak 99 anak. Data ini tercatat sampai bulan Agustua 2021.

Pernyataan walikota dikatakan saat menerima bantuan 21 paket perlengkapan sekolah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah untuk anak-anak yang terdampak pandemi covid-19 yaitu Anak Yatim/Piatu/Yatim Piatu di Kota Salatiga yang orang tuanya meninggal dunia karena terpapar Covid-19.
Bantuan diterima di rumah dinas Walikota Salatiga, dari Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji, Kamis (16/09) 2021)

"Berdasarkan data sampai bulan Agustus 2021, ada 99 anak di Kota Salatiga yang orangtuanya meninggal karena Covid-19, dan Baznas Jawa Tengah telah mengawali dengan memberikan bantuan kepada 21 anak. Selain itu, Baznas Kota Salatiga juga memberikan sebanyak 15 paket sekolah dan meminta kepala dinas terkait untuk dapat memfasilitasi anak-anak yang belum mendapatkan bantuan,” kata Yuliyanto.

Baca Juga: Kejagung Tetapkan Alex Noerdin Sebagai Tersangka Kasus Korupsi Pembelian Gas Bumi

Walikota mengatakan, Kota Salatiga sudah mulai pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas, sehingga anak-anak membutuhkan perlengkapan untuk memulai aktivitas di sekolah.

Ketua Baznas Jateng, Ahmad Daroji mengatakan, selama ini Baznas Provinsi Jateng berkolaborasi dengan Baznas Kabupaten/Kota berusaha menyantuni anak-anak yatim piatu. Bantuan Paket Sekolah ini merupakan langkah awal dan tentunya akan memikirkan ke depannya anak-anak yang ditinggal orang tuanya.

"Tidak hanya bantuan ini saja, tentunya diberikan bantuan Pendidikan Sekolah jika anak-anak bersedia masuk ke Pondok Pesantren, maka pihak pondok siap menampung anak-anak yatim piatu untuk melanjutkan pendidikan sekolahnya,” kata KH Ahmad Daroji.*

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Susulan Guncang Ambarawa

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:13 WIB

Gempa Guncang Salatiga dan Ambarawa

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:56 WIB
X