• Selasa, 26 Oktober 2021

Kemensos Akan Beri Bantuan Tabungan Senilai Rp300 Ribu Per Bulan Kepada Anak Yatim, Piatu dan Yatim Piatu

- Kamis, 16 September 2021 | 16:36 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyapa salah satu anak yatim piatu akibat COVID-19 dalam kunjungannya Sentra Kreasi Atensi di Budi Luhur Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (15/9/2021).  ((ANTARA/HO-Kemensos))
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyapa salah satu anak yatim piatu akibat COVID-19 dalam kunjungannya Sentra Kreasi Atensi di Budi Luhur Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (15/9/2021). ((ANTARA/HO-Kemensos))

JAKARTA, harianmerapi.com - Kementerian Sosial melaksanakan program bantuan untuk penanganan korban Covid-19, khususnya anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu. Bantuan yang diberikan kepadamereka berupa tabungan, sedangkan untuk yang belum sekolah diberikan bantuan tabungan senilai Rp300.000/bulan dan mereka yang sudah sekolah diberikan bantuan tabungan senilai Rp200.000/bulan.

"Jadi, tahun ini kita memberikan santunan untuk anak-anak korban Covid-19. Kita juga memberikan santunan untuk saudara-saudara kita yang memang membutuhkan," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan
dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Risma mengatakan rencana bantuan tahun depan difokuskan untuk seluruh anak yatim, piatu, dan yatim piatu, sedangkan pada tahun ini khusus untuk anak korban Covid-19.

Baca Juga: Sultan Sebut Pembukaan Bioskop Harus Disertai Prosedur Matang

Dia juga tak henti memberikan penguatan dan motivasi kepada para penerima manfaat, salah satunya anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang ditinggal orang tua akibat Covid-19.

"Saat ini kalian menjadi anak yatim, piatu, maupun yatim piatu itu karena kalian anak-anak yang dipilih dan yang paling disayang oleh Allah SWT. Karena itu, kalian tidak boleh putus asa, tidak perlu kecil hati dan rendah diri. Buktikan kalau kalian adalah anak-anak yang bisa dipercaya," ucapnya.

Salah satu anak yang menerima bantuan Atensi (Asistensi Rehabilitasi Sosial) anak yatim, piatu, dan yatim piatu berupa tabungan, Rais Elfathoni (10) yang merupakan anak yatim, menyampaikan perasaannya ketika bisa bicara langsung kepada Risma.

Baca Juga: Uji Coba Pembukaan Wisata Tebing Breksi, Pengunjung Wajib Cek Barcode PedulLindungi

"Saya jadi lebih semangat, senang bertemu dengan Ibu Menteri. Saya berharap saya bisa sukses dan bisa membahagiakan ibu dan kedua adik saya," ungkap Rais yang memiliki cita-cita membuka usaha restoran kecil-kecilan.

Kementerian Sosial RI melalui berbagai Balai Rehabilitasi Sosial terus mengembangkan pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional serta media promosi hasil karya penerima manfaat dalam satu kawasan inklusi atau disebut juga Sentra Kreasi Atensi (SKA) agar penerima manfaat mampu hidup mandiri dan produktif.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Terbang, Ini Aturan Terbaru dari Kemenhub

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:12 WIB
X