• Jumat, 22 Oktober 2021

KPK Terjunkan Inspektorat Gali Informasi Oknum Pegawai Terima Uang dari Eks Bupati Kuansing

- Rabu, 15 September 2021 | 13:37 WIB
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.  (ANTARA/HO-Humas KPK)
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (ANTARA/HO-Humas KPK)


JAKARTA, harianmerapi.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami informasi terkait dugaan oknum yang mengaku sebagai pegawai KPK menerima uang dari terdakwa mantan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Mursini.


Untuk kepentingan tersebut, inspektorat KPK telah turun ke lapangan untuk menindaklanjuti informasi perihal adanya oknum pegawai yang menerima uang.


"Inspektorat KPK telah bergerak dan menindaklanjuti informasi ini secara serius dengan berkoordinasi bersama pihak Kejaksaan Tinggi Riau untuk menggali lebih detil informasi awal ini guna mengungkap siapa sebenarnya oknum yang mengaku sebagai pegawai KPK tersebut," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Global Tourism Forum, Momentum Bangkitkan Sektor MICE Indonesia

Hal tersebut dikatakannya menanggapi informasi yang diterima KPK bahwa dalam dakwaan perkara Mursini disebut ada pemberian sejumlah uang dari terdakwa kepada oknum yang mengaku sebagai pegawai KPK tersebut.

Ali mengatakan KPK juga telah meminta kepada Pengadilan Negeri Pekanbaru untuk bisa mengikuti sidang pemeriksaan terdakwa Mursini yang akan digelar pada beberapa pekan ke depan secara daring.

"Sejauh ini, KPK baru memperoleh informasi mengenai ciri fisik oknum dimaksud yang masih bersifat umum dan abstrak bahkan dari keterangan para saksi pun belum diketahui nama dari orang yang mengaku sebagai pegawai KPK tersebut," katanya.

Baca Juga: Dukung Pemulihan Akibat Pandemi Covid-19, Indonesia Harus Tingkatkan Keterbukaan Ekonomi

Inspektorat KPK, lanjut dia, juga terus melakukan pemeriksaan di unit-unit internal, termasuk pengecekan perjalanan dinas pegawai ke wilayah Riau, Pangkalpinang, dan sekitarnya pada rentang waktu 2016-2017 sebagaimana peristiwa itu terjadi.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Mau Terbang, Ini Aturan Terbaru dari Kemenhub

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:12 WIB
X