• Selasa, 26 Oktober 2021

Hadrah Garasi Dakwah Desa Ngentak Kembali Gelar Latihan Rutin

- Selasa, 14 September 2021 | 13:50 WIB
          Suasana latihan rutin grup Hadrah Garasi Dakwah. (Foto: Sulistyanto)
Suasana latihan rutin grup Hadrah Garasi Dakwah. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com - Sejak ada pandemi Covid-19 di Indonesia, grup Hadrah Garasi Dakwah di Ngentak Seyegan Sleman tak ada latihan rutin maupun diundang menyemarakkan berbagai acara. Namun mulai Senin (13/9/2021) malam lalu, sudah menggelar latihan rutin di kompleks Masjid Al Barokah, padukuhan setempat.

“Kami sudah kangen untuk bisa latihan rutin lagi, melantunkan lagu-lagu dakwah dengan alat-alat musik sederhana dan tidak perlu memakai orjen, sebab kelompok kami termasuk hadrah klasik,” jelas koordinator hadrah Garasi Dakwah, Maruf Fahrudin saat ditemui di sela-sela acara.

Keadaan pandemi Covid-19 yang sudah melandai, sebutnya, juga menjadi alasan tersendiri untuk bisa menggelar latihan rutin. Meski demikian, pihaknya tetap berusaha menerapkan prokes dengan baik dan tak lengah adanya Covid-19.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 18: Mimpi Diajak Papa ke Tempat yang Indah

Bahkan sebelum ada latihan rutin hadrah digelar pula pengajian rutin setiap Senin dari selepas Maghrib sampai Isya. Selain itu juga ada tabungan hewan kurban yang sudah diikuti 41 warga setempat.

“Jadi, rangkaian kegiatan Senin sore di Masjid Al Barokah ini seperti pengajian, tabungan hewan kurban dan latihan hadrah pernah berhenti sejak ada pandemi Covid-19 di Indonesia. Mulai hari ini kami mulai lagi, semoga pandemi semakin landai di berbagai tempat dan akhirnya tak ada pandemi lagi,” harapnya.

Khususnya kegiatan pengajian rutin Senin sore di Al Barokah hasil kerjasama Takmir Masjid Al Barokah, Laskar Sedekah, Garasi Dakwah dan mendapat dukungan dari Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ). Terutama Kang Kurnia dari PMJ rutin memantau.

Baca Juga: Khasiat Kemuning untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kencing dan Terapi Kulit Kasar

Sedangkan sebagai penceramah pengajian yang diikuti 130 jemaah dari anak-anak sampai lansia pada kesempatan tersebut, yakni Pakdhe Kirman asal Kasihan Bantul. Usai salat Isya, dilanjutkan arisan hewan kurban dan persiapan latihan rutin hadrah.

Adapun personel yang memperkuar Hadrah Garasi Dakwah antara lain terdiri dari Maruf/M Ihsan (vokal), Aji (jimbe), Bowo (bas), Winardi, Wahyono, Hartono, Yadi, Dian Kurniawan, Sigit dan Heru (rebana). Lagu-lagu yang biasa dilantunkan, misalnya berjudul Tombo Ati, Turi Putih, Ojo Dengki, Kisah Sang Rasul, Rahman , ya Rahman, Isyfa' Lana Alal Madinah, Ya Thoyibah, Shalawat Badar, Ahmad ya Habibi, Assalamu'alaikum, Yahana, Ya Badrotim dan lagu-lagu salawat lain. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Turun Menjadi Level 2, Ini Harapan Bupati Sleman

Kamis, 21 Oktober 2021 | 05:31 WIB
X