• Kamis, 23 September 2021

BLK Temanggung Diserbu Peserta, Ini Keunggulannya

- Senin, 13 September 2021 | 14:51 WIB
Suasana di BLK Temanggung. (Foto: Zaini Arrosyid)
Suasana di BLK Temanggung. (Foto: Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Minat warga untuk ikut pelatihan di balai latihan kerja (BLK) Kabupaten Temanggung tetap tinggi meski di meski masa Pandemi Covid-19. Bahkan BLK terpaksa menolak, karena telah mencapai kuota dan adanya keterbatasan anggaran.

Kepala Dinas perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung Agus Sarwana mengatakan ketertarikan warga untuk ikuti pelatihan di BLK Temanggung yakni selain gratis, setelah pelatihan akan disalurkan pada perusahaan sesuai jurusan.

" Peserta yang ingin berwiraswasta juga dimungkinkan mendapatkan permodalan. Permodalan didapatkan dari Badan Amil Zakat (BAZ) Temanggung," kata Agus Sarwana, Senin (13/9).

Baca Juga: Mendagri Tito Minta Kepala Daerah dan Wakilnya Rukun dan Bersinergi

Dia mengatakan tidak ada anggaran untuk bantuan permodalan, yang ada dari BAZ. Sehingga pihaknya berkomunikasi dengan BAZ. Syarat permodalan ditetapkan oleh BAZ, tetapi yang pasti tidak diminta untuk dikembalikan, melainkan setelah sukses diminta berinfaq yang nanti setelah terkumpul dana digulirkan untuk bantuan pada yang lain.

Dia mengemukakan telah ada komunikasi dengan pihak perusahaan. Peserta pelatihan yang tertarik akan disalurkan pada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru.

" Ada lowongan di sebuah perusahaan garmen, sehingga peserta pelatihan menjahit akan disalurkan pada sebuah perusahaan tersebut," kata dia sembari mengatakan adanya berbagai keunggulan itu menjadikan minat pelatihan tinggi.

Baca Juga: Pengadilan Agama Surabaya Bikin Terobosan, Pendaftaran Perkara Bisa Lewat Kalurahan

Dia menyampaikan pada tahun 2021 anggaran untuk pelatihan di BLK mencapai Rp 750 juta, dan itu terbagi atas APBD sebesar Rp 450 dan APBN Rp 300 juta.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Terkini

Polres Temanggung Gelar Operasi Patuh Candi

Senin, 20 September 2021 | 21:28 WIB

Guru Keluhkan Passing Grade Seleksi PPPK di Temanggung

Selasa, 14 September 2021 | 20:59 WIB
X