• Minggu, 17 Oktober 2021

Hanya Butuh Satu Kali Suntikan Vaksin Johnson & Johnson, 500 Ribu Dosis yang Telah Tiba untuk Pulau Jawa

- Minggu, 12 September 2021 | 09:13 WIB
Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono pada konferensi pers secara virtual, Sabtu (11/9).   (Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)
Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono pada konferensi pers secara virtual, Sabtu (11/9). (Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

JAKARTA, harianmerapi.com - Untuk pertama kalinya, Pemerintah Indonesia mendatangkan vaksin Johnson & Johnson. Kedatangan vaksin sebanyak 500 ribu dosis pada Sabtu (11/9/2021, merupakan hasil kerja sama dengan Pemerintah Belanda melalui skema bilateral.

"Indonesia untuk pertama kalinya menerima vaksin Johnson & Johnson berjumlah 500 ribu dosis," kata Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono pada konferensi pers secara virtual, Sabtu (11/9/2021).

Di tahap awal ini vaksin Johnson & Johnson akan didistribusikan ke daerah aglomerasi di Pulau Jawa yang masih rendah cakupan vaksinasinya. Hanya butuh satu kali suntikan pada vaksin ini.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi Sebut Pentingnya Kerja Sama Luar Negeri Demi Peroleh Vaksin Covid-19

Vaksin Johnson & Johnson telah memperoleh izin penggunaan darurat atau EUA (Emergency Use Authorization) dari Badan POM pada tanggal 7 September 2021 dan akan dipakai untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas dengan dosis tunggal sebanyak 0,5 ml.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pengiriman 500 ribu dosis vaksin Johnson & Johnson merupakan kali ketiganya dari hasil kerja sama Indonesia Belanda. Sebelumnya Indonesia telah menerima 657.000 dosis vaksin AstraZeneca dari Belanda sebagai bagian komitmen dose sharing dari Belanda 3 juta dosis.

''Atas nama Pemerintah Indonesia saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Belanda atas solidaritas dan persahabatannya,'' kata Retno.

Baca Juga: Indonesia Terima Bantuan 500 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca, Menlu Retno: Thank You Australia

Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns mengapresiasi kedatangan vaksin Jonhson & Johnson ke Indonesia. Ini adalah vaksin gelombang ke-3 yang disumbangkan oleh Pemerintah Belanda untuk Indonesia.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Korupsi Bupati Muba. KPK Tahan Empat Tersangka

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:03 WIB
X