• Senin, 29 November 2021

Ahli Wanti-wanti Risiko Besar Jika Kartu Vaksin Batal Jadi Syarat Administrasi

- Kamis, 9 September 2021 | 09:11 WIB
Calon penumpang Kereta Api Jayabaya tujuan Malang menunjukan kartu vaksinasi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (5/7/2021).  (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Calon penumpang Kereta Api Jayabaya tujuan Malang menunjukan kartu vaksinasi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (5/7/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

JAKARTA,harianmerapi.com-Belakangan muncul petisi penolakan kartu vaksin sebagai syarat administrasi oleh sejumlah orang. Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan wanti-wanti jika kartu vaksin sebagai syarat administrasi pengendalian Covid-19 dibatalkan maka bisa meningkatkan kasus Covid-19 -19 di tanah air.

"Sangat berisiko terjadi peningkatan kasus akibat pelonggaran aktivitas ekonomi dan sosial," kata Iwan Ariawan, Kamis (9/9/2021).

Hal tersebut disampaikannya menanggapi petisi tolak kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat administrasi memasuki area mal yang dibuat di situs change.org dengan judul "batalkan kartu vaksin sebagai syarat administrasi".

Baca Juga: Wisatawan Masuk Yogya Wajib Bawa Kartu Vaksin Atau Hasil Negatif Tes Covid-19

Padahal, menurut Iwan Ariawan, pemerintah memiliki tujuan baik menjadikan kartu vaksin sebagai syarat administrasi.

Oleh karena itu, diharapkan masyarakat memahami hal tersebut sebelum memutuskan mendukung petisi.

"Peraturan penggunaan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk ke tempat umum dibuat untuk melindungi kita dan keluarga agar tidak tertular Covid-19 ," ujar Iwan.

Dijelaskan, masyarakat berhak menentukan mau atau tidak divaksin, akan tetapi, pemerintah juga berhak mengatur aktivitas di tempat umum agar semua aman dan Covid-19 terkendali.

Baca Juga: Kartu Vaksin Akan Menjadi Syarat Bagi Penumpang Bus Jarak Jauh

Ia menduga petisi itu muncul dan mendapat dukungan karena ada sebagian masyarakat merasa mobilitasnya dibatasi dengan syarat kartu vaksinasi.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Asrama Haji Akan Dijadikan Tempat Karantina Jemaah Umrah

Minggu, 28 November 2021 | 20:05 WIB
X