• Selasa, 19 Oktober 2021

Jateng Akan Memasuki Musim Hujan Pada Bulan Oktober 2021, Paling Awal Akhir September

- Senin, 6 September 2021 | 19:31 WIB
Pengendara menembus banjir yang merendam jalur Pantura Jalan Raya Kaligawe KM 7 di Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/2/2021) ( (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN))
Pengendara menembus banjir yang merendam jalur Pantura Jalan Raya Kaligawe KM 7 di Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/2/2021) ( (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN))

SEMARANG, harianmerapi.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jawa Tengah secara umum memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2021. Musim hujan paling awal diprakirakan pada akhir September.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Sukasno dalam siaran pers di Semarang, Senin (6/9/2021), mengatakan, sifat musim hujan pada periode 2021/2022 ini diprakirakan normal.

Adapun durasi musim hujan, lanjut dia, diprakirakan akan berlangsung sekitr 5 hingga 9 bulan. "Musim hujan paling awal diprakirakan terjadi pada akhir September," katanya.

Sejumlah daerah yang paling awal memasuki musim hujan di antaranya sebagian wilayah Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Pemalang, Pekalongan, Brebes, Tegal, dan Wonosobo.

Baca Juga: Kementerian Agama Segera Bayarkan Tunggakan Honor Penyuluh Agama Katolik non-PNS

Sementara daerah yang paling akhir memasuki musim hujan yakni sebagian wilayah Rembang, Pati dan Jepara. Daerah-daerah itu masuk musim hujan pada bulan November.

Adapun puncak musim hujan diprakirakan terjadi pada Januari 2022. Oleh karenanya Sukasno mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem saat masa peralihan musim.

"Waspadai hujan lebat yang tiba-tiba dengan durasi sedang hingga lebat, yang disertai angin kencang dan petir. Waspadai potensi terjadinya angin langkisau dan hujan es," katanya.*

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X