• Selasa, 19 Oktober 2021

Rutan Bantul Gandeng Kodim Bina Fisik, Mental dan Disiplin bagi Petugas Pemasyarakatan

- Minggu, 5 September 2021 | 20:07 WIB
Petugas Rutan Kelas IIB Bantul saat mengikuti pembinaan FMD di lapangan Guwosari Pajangan Bantul.  (Foto: Dok Rutan Bantul)
Petugas Rutan Kelas IIB Bantul saat mengikuti pembinaan FMD di lapangan Guwosari Pajangan Bantul. (Foto: Dok Rutan Bantul)

BANTUL, harianmerapi.com- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul menggelar pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin (FMD) kepada seluruh jajaran petugas pemasyarakatan di lapangan Kalurahan Guwosari Pajangan Bantul, tepatnya di sebelah timur Rutan Bantul, Sabtu (4/9/2021).


"Kegiatan ini ditujukan untuk menyegarkan kembali fisik, mental dan disiplin agar peserta dalam melaksanakan tugas sebagai pegawai rutan lebih percaya diri dan disiplin," ujar Kepala Rutan Kelas IIB Bantul, Enjat Lukmanul Hakim BcIP SH kepada wartawan usai acara.

Kegiatan FMD tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Kodim 0739/Bantul. Pelatihan ini diikuti petugas khususnya tunas muda pengayoman dengan sungguh-sungguh dan ihklas sehingga hasilnya maksimal.

Baca Juga: Polsek Polokarto Beri Pelatihan Budi Daya Ikan Lele Pada Kelompok Pemuda

Untuk materi FMD yang disampaikan kepada para peserta meliputi pembentukan karakter, latihan dasar baris berbaris (PBB) dan peraturan penghormatan militer (PPM). Setelah peserta mengikuti kegiatan jasmani lapangan dilanjutkan dengan pembekalan wawasan kebangsaan.

Dengan begitu, pelatihan ini diharapkan menjadi bekal bagi para peserta selaku petugas keamanan Rutan Bantul. Tak hanya itu, bekal yang dimiliki dapat sebagai modal dasar pembentukan fisik dan dan mental dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sapa Peraih Medali Emas Paralimpiade Melalui Panggilan Video. Berikut Cuplikan Dialognya

Sehingga ke depannya akan terbentuk mental yang prima dan disiplin tinggi serta mampu tercipta SDM yang lebih baik. Untuk keberlangsungan pembinaan bagi petugas rutan, rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.*

 

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selain Klaster Tilik, Muncul Klaster Senam di Bantul

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X