• Selasa, 19 Oktober 2021

Peradi Pergerakan Lantik 12 Advokat, Siap Sebagai Penegak Hukum Profesional

- Rabu, 1 September 2021 | 22:20 WIB
Dewan Penasihat DPP Peradi Pergerakan, Kamal Firdaus SH menyematkan PIN kepada anggota yang telah dilantik.  (Foto: Yusron Mustaqim)
Dewan Penasihat DPP Peradi Pergerakan, Kamal Firdaus SH menyematkan PIN kepada anggota yang telah dilantik. (Foto: Yusron Mustaqim)


YOGYA, harianmerapi.com - Dewan Pimpinan Pusat Persaudaraan Penasihat Hukum Indonesia (DPP Peradi) Pergerakan melakukan pembekalan dan pelantikan 12 advokat anggota baru di Hotel Cavinton Yogya, Rabu (1/9/2021).


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan calon advokat untuk selalu siap sebagai penegak hukum yang bebas dan mandiri serta profesional.
Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Penasihat DPP Peradi Pergerakan, Kamal Firdaus SH didampingi Sekjen M Syafei MS SH MSi dan Bendahara Umum Nurmala SH SKom MH dan dihadiri para pengurus DPC Peradi Pergerakan se-DIY.


"Saya ucapkan selamat kepada adik-adik saya yang dilantik menjadi advokat yang betul-betul seorang advokat," ujar Kamal Firdaus SH di sela-sela sambutan pelantikan.

Baca Juga: 16 Napi Rutan Bantul Dipindahkan Guna Mencegah Over Kapasitas


Disebutkan, di beberapa negara ada yang menganut konsep organisasi advokat single bar maupun multi bar. Untuk Indonesian konsep multi bar telah sesuai dengan kondisi bangsa dan negara saat ini. Apabila sampai UU Advokat direvisi dan dianut sigle bar maka akan bertentangan dengan konstitusi maupun Konvensi Havana.


Untuk itu tidak benar bila harkat dan martabat advokat menjadi rusak bila menganut multi bar. Itu hanya dilakukan oleh segelintir elite advokat. "Sekarang reformasi kok ngotot mau menganut single bar sebagai wadah tunggal advokat," tegas Kamal Firdaus.


Sementara Ketua Panitia, Saiful Bahri Pelu SH mengatakan, pelantikan ini dilakukan terpisah dengan penyumpahan advokat yang nantinya akan dilakukan di Pengadilan Tinggi DIY pada 2 September 2021 sebagai bagian dari protokoler kesehatan pada masa PPKM.

Baca Juga: Bantu Korupsi Bansos, Anak Buah Juliari Divonis 9 Tahun Penjara

Pelantikan dan pengangkatan advokat Peradi Pergerakan dilaksanakan sesuai dengan amanat UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MCCC Teguhkan Gerakan Jaga Kyai dan Santri

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:20 WIB
X