• Rabu, 26 Januari 2022

Wisatawan Masuk Yogya Wajib Bawa Kartu Vaksin Atau Hasil Negatif Tes Covid-19

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:33 WIB
Ilustrasi- Vaksinator tengah mengukur dosis vaksin (NTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)
Ilustrasi- Vaksinator tengah mengukur dosis vaksin (NTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

YOGYA,harianmerapi.com-Wisatawan yang hendak masuk ke Kota Yogya wajib mematuhi persyaratan dokumen yang ditentukan. Pemerintah Kota Yogyakarta pun tengah mematangkan rencana penerapan sistem satu pintu dengan melakukan simulasi atau uji coba sebagai antisipasi potensi meningkatnya jumlah wisatawan yang datang saat akhir pekan.

“Dari pengalaman akhir pekan kemarin maka kami harus melakukan antisipasi. Dimungkinkan, sistem akan diuji coba penerapannya pekan ini,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa.

Melalui kebijakan “one gate system”, maka wisatawan yang datang ke Yogyakarta menggunakan bus pariwisata akan diarahkan untuk masuk ke Terminal Giwangan terlebih dulu guna melakukan pengecekan dokumen perjalanan.

Baca Juga: Seniman Unjuk Karya Seni Instalasi, Bangkitkan Destinasi Wisata Kulon Progo 

Pengecekan dilakukan untuk memastikan wisatawan sudah divaksin dan sudah menjalani tes COVID-19 baik melalui rapid test antigen atau swab test dengan hasil negatif.

Jika seluruh persyaratan terpenuhi, maka bus pariwisata diperkenankan masuk ke Yogyakarta bahkan diarahkan menuju lokasi parkir yang sudah ditetapkan.

Jika tidak memenuhi syarat, maka otomatis wisatawan tidak diperbolehkan masuk Kota Yogykarta.

“Kebijakan ini bisa diproyeksikan sebagai kebijakan jangka panjang dengan tujuan membangun sistem transportasi di Kota Yogyakarta. Harapannya, ada manajemen lalu lintas yang lebih baik,” katanya.

Baca Juga: Kartu Vaksin Akan Menjadi Syarat Bagi Penumpang Bus Jarak Jauh

Pada akhir pekan lalu, Heroe mengatakan, terjadi peningkatan volume arus lalu lintas di Kota Yogyakarta meskipun sebagian besar adalah kendaraan pribadi dengan pelat nomor DIY meskipun sudah ada beberapa bus dari luar daerah yang membawa rombongan wisatawan.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Pemda DIY Siapkan Isoter dan Faskes Hadapi Omicorn

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:00 WIB
X