PARPOL TEKEN DEKLARASI DAMAI-Sepakat Taati Jadwal Kampanye Terbuka

Perwakilan setiap parpol peserta Pemilu 2019 tandatangani komitmen deklarasi kampanya damai. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBULHARJO (MERAPI) – Partai Politik (parpol) peserta Pemilu 2019 di Kota Yogyakarta mempertegas komitmen kampanye terbuka yang damai. Parpol dan peserta pemilu lainnya diminta mentaati jadwal kampanye terbuka rapat umum yang akan dimulai 24 Maret 2019.

“Deklarasi ini bagian dari komitmen menjaga kondusivitas selama kampanye terbuka. Tak hanya seremonial tapi komitmen benar-benar dilaksanakan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Hidayat Widodo dalam deklarasi kampanye damai di Balaikota, Jumat (22/3).

Dia menyatakan tahapan kampanye terbuka rapat umum muli 24 Maret-13 April 2019. Jadwal kampanye peserta pemilu presiden dan wakil presiden serta parpol pendukung telah ditetapkan KPU RI secara hirarki, sehingga berlaku di KPU provinsi dan kabupaten kota. Jadwal kampanye rapat umum terbuka ditetapkan tiap pasangan calon presiden dan wakil presiden serta parpol pendukungnya dapat jatah 2 hari secara bergantian.

“Tanggal 24-25 Maret jatah paslon presiden nomor 01 dan parpol koalisinya. Maka paslon presiden nomor 02 dan parpol koalisinya jadwalnya 26-27 Maret 2019. Seterusnya secara bergantian. Kami minta jadwal kampanye dilaksanakan untuk meminimalisir potensi gesekan di akar rumput pendukung,” terangnya.

Pihaknya menegaskan dengan aturan kampanye rapat umum terbuka tiap 2 hari itu, maka parpol koalisi harus menyesuaikan dalam kampanye. Tidak boleh ada parpol di luar koalisi mengadakan kampanye rapat umum terbuka di luar jadwal.

“Kalau ada kampanye parpol secara terbatas atau tertutup kami sarankan untuk linier sesuai jadwal,” imbuhnya.

Dalam deklarasi kemarin juga ditekankan isu politik uang dan hoaks yang harus dihindari. Ditegaskan KPU dalam pengaturan jadwal kampanye rapat umum terbuka melibatkan peserta pemilu dan parpol, Bawaslu dan aparat kepolisian.

Sementara itu Sekda Pemkot Yogyakarta Titik Sulastri mengingatkan semua peserta pemilu melaksanakan komitmen menjaga situasi aman dan damai di Yogyakarta. Terutama saat masa kampanye rapat umum terbuka hingga saat hari H dan pasca pemilu 17 April 2019.

“Hindari kampanye hitam, politik uang dan provokatif. Isu gesekan jangan ditanggapi provokatif. Kepada massa pendukung parpol kedepankan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. Selain itu terima hasil pemilu dengan lapang dada,” ucap Titik. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MAKAM RAJA-RAJA IMOGIRI TANPA TALUT – Sultan: Pelaksana Pembangunan Kurang Teliti

BANTUL (MERAPI) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, pelaksana pembangunan perluasan Makam Raja-raja di

Close