KPU Tetapkan 11 Calon DPD dan 579 Caleg DPRD DIY

Komisiner KPU DIY saat membuka rapat pleno validasi dan penetapan DCT DPRD dan DPD DIY. (MERAPI-TRI DARMIYATI)
Komisiner KPU DIY dalam rapat pleno validasi dan penetapan DCT DPRD dan DPD DIY. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

YOGYA (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD DIY untuk Pemilu 2019 sebanyak 579 calon legislatif. Adapun calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akhirnya ditetapkan sebanyak 11 orang.

“Ada beberapa perubahan dalam DCT. Salah satunya ada satu calon DPRD yang mengundurkan diri setelah ditetapkan DCS,” kata Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan saat pleno validasi dan penetapan DCT DPRD dan DPD DIY, Kamis (20/9).

Dia menegaskan pencalonan sudah melalui tahapan panjang dari pendaftaran, pencoretan sejumlah bacaleg karena tidak memenuhi syarat hingga sengketa di Bawaslu DIY. Akibatnya memasukkan kembali 7 bacaleg yang sebelumnya tidak memenuhi syarat dan dinyatakan Bawaslu memenuhi syarat.

Komisioner KPU DIY Guno Tri Tjahjoko menambahkan, bacaleg yang mengundurkan diri dari PAN. Pihaknya tidak mengetahui alasan bacaleg itu mengundurkan diri. “Yang mengundurkan diri laki-laki jadi tidak mempengaruhi keterwakilan perempuan di dapil itu,” papar Guno.

Untuk DCT DPD DIY bertambah dari DCS 10 calon menjadi 11 calon. Tambahan tersebut setelah Bawaslu DIY mengabulkan gugatan Bachrul Ulum ke KPU. Setelah DCT ditetapkan akan diumumkan ke masyarakat. Dia mengutarakan setelaj tiga hari ke depan peserta pemilu sudah bisa melakukan kampanye.

Terkait rencana KPU memberikan tanda dalam surat suara bagi calon yang tersangkut kasus hukum, mantan koruptor, kejahatan seksual, pihaknya jika sudah menerima surat edaran terkait hal itu. Tapi KPU DIY menuggu kebijakan arahan itu karena penetapannya harus merevisi Peraturan KPU 20/2018.

Sementara jumlah caleg yang ditetapkan dalam DCT DPRD Kota Yogyakarta sama dengan DCS yakni sebanyak 390 calon dari 15 parpol. Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto mengatakan, sempat ada satu caleg perempuan yang mengundurkan diri, tapi langsung diganti.

Adapun Ketua KPU Kulonprogo Isnaeni menjelaskan, KPU telah menetapkan DCT DPRD Kulonprogo sebanyak 402 orang. Caleg tersebut dari 15 partai politik peserta pemilu. Angka ini merupakan penambahan 396 nama yang sebelumnya masuk dalam DCS, ditambah enam nama calon yang lolos lewat hasil putusan sidang adjudikasi Bawaslu.

“Sebelumnya DCS sebanyak 397 nama, namun satu orang bacaleg meninggal dunia,” kata Isnaeni. (Tri/Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
O2SN 2018 – DIY Tambah Delapan Emas

  SLEMAN (MERAPI) - Kontingen DIY sukses menambah delapan medali emas di hari ke-3 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kamis

Close