KPU Kulonprogo Coret Sejumlah Nama Bacaleg

WATES (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum Kulonprogo mencoret sejumlah nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang sebelumnya mendaftar sebagai peserta Pemilu Legislatif 2019. Partai politik pengusung, bisa mengajukan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu Kulonprogo, jika bekeberatan nama-nama bacaleg-nya dicoret KPU.

Pencoretan nama-nama bacaleg ini dilakukan KPU setelah menggelar Rapat Pleno Hasil Perbaikan Bakal Calon Legislatif Pemilu 2019 di ruang rapat KPU, Selasa (7/8). Meski demikian, jumlah pasti nama bacaleg yang dicoret belum diungkapkan ke publik, karena menunggu pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) hari ini, Rabu (8/8).

“Kita sudah gelar rapat pleno sore ini terkait perbaikan bacaleg yang sudah diverifikasi,” kata Ketua Divisi Teknis, KPU Kulonprogo, Panggih Widodo.

Hasil perbaikan bacaleg yang sudah diverifikasi dan diplenokan, lanjut Panggih, kemudian akan diserahkan KPU kepada parpol, Rabu (7/8), sekaligus merupakan pengumuman DCS.

Dijabarkannya, jumlah bacaleg yang semula mendaftar sebagai peserta Pileg 2019 sebanyak 456 orang. Setelah melalui tahap perbaikan oleh parpol, jumlahnya berubah menjadi 418 orang.

Dari sekian itu, lanjut Panggih, masih saja ada bacaleg yang tidak memenuhi syarat. Beberapa persyaratan yang tidak dipenuhi bacaleg di antaranya belum ada surat keterangan sehat dari rumah sakit, ijazah tidak dilegalisir, tidak melampirkan SKCK dan sebagainya. Nama-nama yang tidak memenuhi syarat kemudian dicoret.

“Bila ada yang dicoret bacaleg-nya karena tidak memenuhi syarat, parpol bisa mengajukan sengketa ke Bawaslu,” tegas Panggih. (Unt)

Read previous post:
Walikota Kukuhkan Satgas Selasa Wage, Malioboro Sisakan Bau Limbah PKL Kuliner

DANUREJAN (MERAPI) - Puluhan perwakilan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan komunitas di Malioboro dikukuhkan menjadi Satgas Selasa Wage. Satgas itu

Close