DPS MASIH BERMASALAH-KPU Yogya Tunggu Masukan Warga

UMBULHARJO (MERAPI) – Masukan masyarakat terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah disosialisasikan menjadi bahan untuk memperbaiki data pemilih Pemilu 2019. Sebagian besar masukan dari masyarakat terkait pemilih yang meninggal dunia.

“Masukan dari masyarakat sebagian besar mengenai data pemilih meninggal dunia tapi masih tercatat di DPS,” kata Komisioner KPU Kota Yogyakarta Siti Nurhayati, Minggu (8/7).

Siti menjelaskan, masih terdatanya pemilih yang sudah meninggal dunia dalam DPS karena data itu adalah hasil pemutakhiran oleh panitia pemutakhiran datfar pemilih yang diselesaikan pada 17 Mei 2018. Antara pertengahan Mei sampai kini ada dinamika kependudukan seperti penduduk meninggal dunia dan penduduk pindah datang.

“Setelah 17 Mei yang meninggal pindah datang masih ada. Itu akan diverifikasi kembali. Makanya kita juga koordinasikan dengan Dindukcapil,” tambahnya.

KPU Kota Yogyakarta telah mensosialisasikan DPS Pemilu 2019 selama 14 hari untuk mendapatkan masukan dari masyarakat. Sosialisasi DPS itu dilakukan sampai Minggu (8/7) dan masukan terhadap DPS dari masyarakat disampaikan ke KPU paling lambat 21 hari sejak DPS diumumkan.

Masukan dari masyarakat terhadap DPS itu akan dijadikan dasar KPU Kota Yogyakarta dalam menyusun DPS hasil perbaikan secara berjenjang dari Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kemudian DPS hasil perbaikan menjadi dasar untuk menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Agustus 2018.

”Setelah DPS hasil perbaikan disusun akan diumumkan kembali ke masyarakat sebelum ditetapkan menjadi DPT,” ujarnya.

Selain itu KPU Kota Yogyakarta juga akan menyandingkan data DPS dengan data pemilih hasil pemutakhiran berkelanjutan setiap tahun dari KPU DIY. Dia menyebut dari data pemutakhiran pemilih berkelanjutan tiap tahun ada sekitar 318.000 data pemilih di Kota Yogyakarta yang diserahkan KPU DIY kepada KPU Kota Yogyakarta pada Juni lalu.

“Data pemilih dari KPU DIY itu akan kita pilah per kecamatan. Data pemilih itu kemungkinan dari pemilih pemula dan mutasi penduduk masuk serta keluar kota,” katanya. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PS TIRA HADAPI MITRA KUKAR SORE INI – Berburu Poin untuk Bangkit

  BANTUL (MERAPI) - PS Tira Bantul siap memburu poin penuh pada laga pekan ke-15 kompetisi Liga 1 2018 ketika

Close