Sukseskan Pemilu, Walikota Ajak Warga Yogya Luangkan Waktu untuk Pantarlih

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menunjukkan stiker tanda telah dilakukan pemutakhiran daftar pemilih pemilu oleh petugas Pantarlih. (MERAPI-TRI DARMIYATI)
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menunjukkan stiker tanda telah dilakukan pemutakhiran daftar pemilih pemilu oleh petugas Pantarlih. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBULHARJO (MERAPI) – Pemutakhiran daftar pemilih Pemilu 2019 dengan mendatangi rumah warga dimulai serentak, Selasa (17/4). Pemutakhiran daftar pemilih dengan mencocokkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) sekaligus mendata pemilih baru. Warga diajak meluangkan waktu agar kinerja pantarlih dapat optimal.

Salah satu warga yang menjadi sasaran pemutakhiran adalah Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan keluarganya. Petugas pemutakhiran daftar pemilih (pantarlih) kemarin mencocokkan data pemilih di DP4 dengan KTP Haryadi beserta istrinya Tri Kirana Muslidatun dan anak pertamanya yang memiliki hak pilih.

“Kesuksesan pemilu tergantung partisipasi masyarakat. Awal kesuksesan itu masyarakat terdaftar sebagai calon pemilih.

Saya mengajak warga unutk memastikan kita benar-benar masuk sebagai pemilih lewat pemutakhiran daftar pemilih ini,” kata Haryadi.

Pihaknya berharap masyarakat bisa menyediakan waktu untuk menerima pantarlih. Mengingat kegiatan itu adalah bagain penting untuk memutakhirkan daftar pemilih dan memastikan warga masuk calon pemilih.

Sementara itu Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto menyebut total data DP4 pemilu 2019 di Kota Yogyakarta mencapai 304.926 pemilih. Dari jumlah tersebut sebanyak 15.000 di antaranya adalah pemilih pemula.

“Pantarlih akan mendatangi pemilih dengan <I>door to door<P> rumah warga. Pemilih yang tidak bisa ditemui bisa lewat perwakilan Kepala Keluarga atau anggota keluarga lainnya,” tambah Wawan.

Pemutakhiran daftar pemilih pemilu 2019 akan berlangsung hingga 17 Mei 2018. KPU Yogyakarta menerjunkan 1.365 pantarlih untuk kegiatan itu. Hasil pemutakhiran itu akan disusun menjadi daftar pemilih sementara pemilu 2019. Jika masih ada warga yang memiliki hak pilih tapi belum masuk daftar pemilih bisa melapor kepada Panitia Pemungutan Suara setempat. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Warga Terdampak Bandara Kena SP Pertama

WATES (MERAPI) - PT Angkasa Pura I melayangkan surat peringatan (SP) pertama kepada warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport

Close