Dapil Kulonprogo Tak Berubah

WATES (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo menyatakan daerah pemilihan (dapil) Pemilu 2019 di wilayah ini tidak berubah dan masih seperti pada Pemilu 2014 dan Pilkada 2016.

Komisioner KPU Kabupaten Kulonprogo Panggih Widodo, Senin (9/4) mengatakan, keputusan KPU RI tentang Penetapkan Daerah Pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kulonprogo untuk Pemilu 2019 sebanyak lima dapil.

“Alokasi masih tetap sama yakni lima daerah pemilihan namun alokasi kursi bergeser di dapil 1 dan 5. Informasi terkait keputusan dapil tersebut, kami terima dari sistim daerah pemilihan (Sidapil) pada 6 April, tetapi diputuskan KPU RI tanggal 5 April,” kata Panggih.

Menurutnya, kelima dapil Pemilu 2019 yakni Dapil 1 meliputi Kecamatan Panjatan, Wates dan Temon (10 kursi), Dapil 2 Kecamatan Kokap dan Pengasih (8 kursi), Dapil 3 Kecamatan Samigaluh, Girimulyo, Kalibawang (8 kursi), Dapil 4 Kecamatan Nanggulan dan Sentolo (7) dan Dapil 5 Kecamatan Galur dan Lendah (7 kursi).

Pada Dapil 1 dan 5, yaitu Pemilu 2014 Dapil I sebanyak 11 kursi, Pemilu 2019 sejumlah 10 kursi, serta Pemilu 2014 Dapil 5 sebanyak 6 kursi, Pemilu 2019 sejumlah 7 kursi.

“Kami akan mensosialisasikan ke partai politik peserta Pemilu 2019 terkait keputusan dapil ini. Rencananya, minggu ini, kami kirimkan hasil keputusan tersebut, sehingga partai politik untuk mempersiapkan dalam Pemilu 2019,” paparnya dilansir Antara.

Komisioner KPU Kulonprogo Marwanto mengatakan, keputusan KPU RI terkait dapil Pemilu 2019 di Kabupaten Kulonprogo sesuai dengan salah satu usulan KPU Kulonprogo.

“Pada saat uji publik dapil lama (yang sekarang ditetapkan lagi oleh KPU RI) menjadi salah satu yang diharapkan sebagian besar pemangku kepentingan di Kulonprogo,” ujarnya.  (*)

Read previous post:
Kompol Cahyo Wicaksono Jabat Kasat Resnarkoba Polresta Yogya

GONDOMANAN (MERAPI) - Tiga pejabat utama di Polresta Yogya dirotasi. Serah terima jabatan (sertijab) dilakukan di halaman tengah pada Senin

Close