Diterjunkan Tim Pemantau Pemotongan Hewan Kurban

MERAPI -Zaini Arrosyid Tim kesehatan hewan kurban periksa kesehatan ternak di pasar
Ilustrasi

TEMANGGUNG (MERAPI) – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung menerjunkan petugas untuk memeriksa hewan dan daging kurban pada hari H penyembelihan. Petugas terbagi pada sejumlah tim kecil, sehingga bisa menjangkau ke lebih banyak tempat.

“Kami terjunkan setidaknya 42 orang yang bertugas memeriksa hewan dan daging kurban,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Slamet Saryono, Senin (20/8).

Dikatakan pemeriksaan hewan dan daging kurban harapannya hewan yang disembeli memiliki kesehatan prima memenuhi syarat dari sisi fisik, kesehatan dan umur. Daging yang diterima warga juga dalam keadaan yang baik dan sehat atau layak konsumsi.

Disampaikan petugas yang berjumlah 42 orang tersebut disebar di 20 kecamatan yang ada di Temanggung. Mereka terdiri dari dokter hewan, paramedis, dan pegawai dari Dinas Perikanan dan Peternakan.

Titik yang dipantau, terangnya, seperti masjid, sekolah dan tempat tertentu yang disitu memotong hewan kurbab dalam jumlah banyak. Sebab di tempat yang memotong hewan dalam jumlah banyak biasanya menjadi kurang cermat dalam pemeriksaan. Seperti ada ternak yang badannya besar dan sehat tetapi setelah diperiksa ternyata belum cukup umur yang ditandai gigi belum poel.

” Petugas memastikan hewan yang dipotong memenuhi syarat dan sehat. Jika ada organ yang tidak layak di konsumsi untuk dibuang. Memang diakui kadang ada hewan yang secara fisik bagus ternyata berpenyakit,” katanya. (Osy)

Read previous post:
PAD Sukoharjo Naik 15,99 Persen

SUKOHARJO (MERAPI) - Pendapatan asli daerah (PAD) Sukoharjo bertambah Rp 48,040 miliar lebih atau naik 15,99 persen. Hal tersebut terungkap

Close