Kodim Temanggung Kirim Drone Semprot Pertanian Pada Kementan

MERAPI - Zaini Arrosyid Demo drone.
MERAPI – Zaini Arrosyid
Demo drone.

TEMANGGUNG (MERAPI) – Kodim 0706 Temanggung dan Temanggung Aeromodellinhpg Club kirim dua unit drone untuk semprot pertanian pada Kementerian Pertanian, Selasa (14/8).

Komandan Kodim 0706 Temanggung Letkol Yusuf Setiaji mengatakan dua unit drone yang dikirim merupakan pengiriman tahap awal dari rencana pesanan 50 drone untuk digunakan di seluruh Indonesia.

Dikatakan beberapa keunggulan drone ini adalah anti air, dilengkapi teknologi GPS, sehingga bisa menyemprot secara otomatis dan dilengkapi sonar untuk mengikuti kontur tanah serta mampu menyemprot tanaman seluas 4 hektare perjam.

Proyek drone ini terangnya dimulai dari kegiatan riset selama 1 tahun dan merupakan hasil kerjasama antara Kodim 0706 dan Temanggung Aeromodelling Club. Temanggung merupakan satu-satunya kabupaten yang berhasil membuat drone sendiri drone pertanian berteknolohi tinggi dengan sebagiam besar komponen dari lokal.

” Drone ini lebih murah harganya dari teknologi sejenis dan kualitanya juga lebih baik dari Temanggung,” katanya.

Dikatakan drone ini mendapat respon positif dari TNI AD untuk membuat drone target tembak meriam dari satuan-satuan TNI AD. Mereka tertarik karena kualitas yang baik namun dengan harga terjangkau. Selama ini target drone untuk roket ini berasal dari pabrikan luat negeri yang harganya mahal.

Membuat drone secanggih ini, terangnya bukan pekerjaan mudah, karena membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tingkat tinggi. Berkat talenta yang luar biasa dari para anggota tim yang merupakan putra asli Temanggung, drone bisa diselesaikan tepat pada waktunya dengan tetap mengutamakan kualitas kinerja sebagai drone penyemprot tanaman.

Diharapkan, Pemkab Temanggung dapat semakin menjembatani dan memfasilitasi untuk pengembangan drone, sebab teknologi tidak berhenti tetapi terus maju mengikuti teknologi. (Osy)

Read previous post:
Kemenag Latih Cara Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

SUKOHARJO (MERAPI) - Takmir masjid dan panitia Idul Adha mendapatkan pelatihan tentang tata cara pemeliharaan dan penyembelihan hewan kurban yang

Close