PN Temanggung Sidangkan Money Politic Pilkada 2018

MERAPI-ZAINI Suasana sidang money politik.
MERAPI-ZAINI
Suasana sidang money politik.

TEMANGGUNG (MERAPI) – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Temanggung yang diketuai Didit Pambudi Widodo SH menyidangkan kasus politik uang dengan terdakwa Supriyono alias Keprek warga Pringsurat, dengan agenda pembacaan surat dakwaan,Rabu (4/7).

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Temanggung, Antonius SH pada surat dakwaan mengatakan terdakwa Keprek telah memberikan dua amplop berisi uang masing-masing Rp 20.000 pada warga dan mengarahkan untuk memilih salah satu pasangan calon peserta pilkada di Kabupaten Temanggung.

Kejadian itu, katanya pada Rabu (27/7) sekitar pukul 09.00 WIB di dapur rumah Dewi Bagas yang merupakan warga Gowak Kecamatan Pringsurat. ” Terdakwa memberikan dua amplop masing-masing berisi Rp 20.000 pada Bagas dan menyuruh keluarganya mencoblos nomor tiga,” katanya.

Dikatakan terdakwa dipersalahkan melanggar pasal 187 ayat 1 jo pasal 73 ayat 4 UU nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Pasal itu terkait politik uang.

Ketua Pengadilan Negeri Temanggung Ikhwan Hendro SH mengatakan pada sidang perdana ini terdakwa tidak didampingi penasehat hukum meski sudah ada penunjukkan dan dibiayai negara. Sidang selanjutnya pada Kamis (5/7). Agendanya pembacaan jawaban atas surat dakwaan dan mendengarkan keterangan saksi-saksi. ” Kami sidangkan secara maraton, karena berdasar undang-undang harus selesai dalam 7 hari kerja,” katanya.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan sidang dalam penjagaan ketat petugas keamanan yang melibatkan Polres, Brimob, Armed 3 dan Kodim 0706 Temanggung. ” Personel juga terlibat untuk pengamanan Pleno Rekapitulasi hasil perhitungan suara yang digelar di pendopo pengayoman,” katanya.

Dia mengatakan massa dari pendukung paslon telah dimohon untuk tidak datang ke sidang dan pleno untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan termasuk gesekan antar pendukung paslon. (Osy)

Read previous post:
Truk Guling, Sopir TewasTergencet

GROBOGAN (MERAPI) – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Raya Purwodadi-Blora km 35, tepatnya di Desa Bandungsari Kecamatan Ngaringan Grobogan. Truk

Close