Pemuda Pancasila Kulonprogo Berbagi Sembako untuk Janda dan Lansia

WATES (HARIAN MERAPI) – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kulonprogo menggelar bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada janda lansia serta masyarakat kurang mampu di Kapanewon Wates dan Pengasih. Diharapkan, paket sembako yang dibagikan bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam menyambut perayaan Lebaran 2021.

Ketua MPC PP Kulonprogo, Bagus Jalu Anggara menyampaikan, bakti sosial berupa pembagian paket sembako yang digelar pihaknya pada akhir pekan kemarin bukan merupakan yang pertama. Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar dengan menyasar janda lansia di Kapanewon Nanggulan, Samigaluh dan Kalibawang.

“Kami menyasar janda lansia dan warga kurang mampu untuk dibantu. Ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat,” kata Bagus Jalu, Selasa (4/5).

Ia menambahkan, aksi bagi-bagi sembako digelar Pemuda Pancasila untuk meringankan beban masyarakat terutama yang kurang mampu. Sebab, menjelang perayaan Lebaran harga sejumlah kebutuhan pokok kerap mengalami kenaikan.

“Dengan demikian, masyarakat penerima bisa memanfaatkan sembako yang kami berikan untuk kebutuhan Lebaran,” imbuh Bagus Jalu.

 

Dalam kesempatan itu, MPC PP Kulonprogo juga bekerjasama dengan Komunitas Kain dan Kebaya Indonesia (KKI) Cabang Kulonprogo. Sedikitnya ada 150 paket sembako yang dibagikan di dua kapanewon. Paket sembako tersebut berisi beras, gula, minyak goreng, mi instan dan sebagainya senilai Rp 150.000 per paket.

Dalam penyalurannya, Pemuda Pancasila menggandeng personel Koramil Wates dan Koramil Pengasih. Personel TNI itu juga membantu pemilihan sasaran bakti sosial karena dianggap lebih mengetahui siapa-siapa saja warga yang membutuhkan uluran tangan.

“Kami berharap, bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam menyambut perayaan Lebaran tahun ini. Bantuan yang kami berikan memang tidak seberapa, tapi mudah-mudahan bisa meringankan beban mereka, terutama warga yang terdampak pandemi Covid-19 di sektor ekonomi,” imbuh Jalu.

Bagus Jalu juga berharap agar gerakan yang dilakukan MPC PP Kulonprogo bisa diikuti organisasi masyarakat lainnya di Kulonprogo. Sehingga, keberadaan organisasi masyarakat benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Salah satu penerima paket sembako bantuan MPC PP Kulonprogo, Marsi (60), menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Bantuan tersebut dirasanya sangat bermanfaat, terlebih karena ia merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari semenjak pandemi Covid-19 melanda.

Sehari-hari, Marsi mengais rezeki dengan berjualan sapu lidi. Namun, penghasilan yang diperoleh janda warga Kapanewon Wates ini tidak bisa diandalkan karena harga kebutuhan pokok semakin mahal.

“Penghasilan yang saya peroleh tidak menentu. Dengan diberikannya sembako ini, saya merasa senang dan terbantu,” katanya. (Unt)

Read previous post:
Motor Curian Ditinggal di Pinggir Jalan

Close