Gedung Kampus VI UAD Dilengkapi Muhammadiyah Business Center

MERAPI-ISTIMEWA
Rangkaian peresmian gedung Kampus VI UAD dan MBC.

WATES (MERAPI) – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mempunyai gedung baru Kampus VI di Triharjo Wates Kulonprogo. Pendirian gedung ini bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo, peresmiannya ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga oleh Rektor UAD, Dr Muchlas MT dan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir MSi, Kamis (25/2).

Bupati Kulonprogo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ir Bambang Tri Budi Harsono MM selaku Ketua Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Kulonprogo memaparkan, sangat berharap gedung baru Kampus VI UAD dan dilengkapi Muhammadiyah Business Center (MBC) dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pemerintah khususnya di Kulonprogo dan Indonesia umumnya.

“Adanya perguruan tinggi Muhammadiyah dan MBC di Kulonprogo akan bisa memberikan efek positif bagi kualitas pendidikan tinggi di sini. Pembangunan gedung seperti ini bukti nyata Muhammadiyah terpanggil dalam pembangunan kualitas bangsa dan memberikan sumbangsih bagi pendidikan dan perekonomian di Kulonprogo,” tandasnya.

Sementara itu Prof Haedar, berharap agar kehadiran Muhammadiyah dan salah satu amal usahanya, yaitu UAD dapat memberi kemaslahatan bagi masyarakat Kulonprogo. Bahkan meskipun UAD terpencar di berbagai kampus, prinsip unity harus menjadi pondasi untuk mengembangkan pendidikan yang mencerdaskan umat dan bangsa.

“Perlu diketahui, sebelum bergabung dengan UAD, Kampus VI merupakan bagian kelembagaan dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah (STITM) Wates. Sejarah perjalanan STITM Wates tidak terlepas dari Institut Agama Islam Muhammadiyah Surakarta yang berdiri di Wates pada tahun 1968 silam,” jelasnya.

Rektor UAD, Dr Muchlas menambahkan, lantai satu gedung Kampus VI digunakan untuk retail atau toko MBC, yaitu terdiri dari lima ruang. Lalu lantai dua dan tiga digunakan untuk perkantoran dan perkuliahan. Pembangunan gedung Kampus VI UAD diselesaikan dalam kurun 14 bulan dari yang semula ditergetkan enam bulan selesai. Mundurnya penyelesaian disebabkan adanya pandemi Covid-19.

“Adanya Kampus VI UAD untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI), semoga dapat menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas dan membanggakan bagi Muhammadiyah dan warga Kulonprogo. Kampus VI UAD diharapkan juga menjadi landmark baru khususnya Yogyakarta sebagai kota pendidikan,” tegas Muchlas. (Yan)

Read previous post:
Halim-Joko Fokus Realisasi Janji Kampanye

BANTUL (MERAPI) - Setelah perhelatan Pilkada yang cukup panjang akhir 2019 lalu, Jumat (26/2) hari ini, pasangan Abdul Halim Muslih–Joko

Close