Paguyuban Wartawan Kulonprogo Bagi Sembako

MERAPI-AMIN KUNTARI
Penyerahan bantuan sembako oleh Bupati Kulonprogo secara simbolis di Kantor Kalurahan Triharjo.

WATES (MERAPI) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19, belasan wartawan Kulonprogo yang tergabung dalam Paguyuban Wartawan Kulonprogo (PWK) menggelar bakti sosial di Kalurahan Triharjo Kapanewon Wates, Sabtu (6/2). Dalam bakti sosial, anggota PWK membagikan 100 paket sembako kepada 100 warga Kalurahan Triharjo.

Ketua PWK, Asrul Sani menyampaikan, bakti sosial yang digelar merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021. Pihaknya berupaya meringankan beban warga terdampak pandemi Covid-19 sehingga diharapkan, bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Selama pandemi, banyak masyarakat yang terdampak dari sisi ekonomi yakni kesulitan memperoleh penghasilan,” kata Asrul, di sela acara.

Karenanya, PWK berinisiatif memberikan bantuan berupa paket sembako yang berisi beras, telur, gula pasir, minyak goreng dan mi instant. Paket sembako senilai Rp 150.000 itu disalurkan kepada warga di seluruh padukuhan di Triharjo, masing-masing padukuhan 10 paket.
“Selain warga terdampak pandemi Covid-19 di Triharjo, kami juga menyalurkan bantuan sembako ke Panti Asuhan Muhammadiyah Wates,” imbuh wartawan KR ini.

Asrul menjelaskan, pada tahun ini peringatan HPN meliputi empat acara yakni bakti sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Wates, bakti sosial kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Triharjo, tanam bibit pohon di Embung Blubuk Sendangsari Pengasih serta sarasehan disertai pemberian penghargaan di Aula Adikarta Kompleks Pemkab Kulonprogo. HPN diperingati secara sederhana lantaran saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan kita tiadakan. Seluruh acara juga disertai penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Salah satu penerima bantuan sembako dari PWK, Sutiyah menyampaikan, dirinya merasa senang lantaran mendapat bantuan dari wartawan. Bantuan tersebut dirasa sangat bermanfaat karena dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
“Selama pandemi, kami kesulitan memperoleh penghasilan. Bantuan ini bermanfaat,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan, bakti sosial yang dibelar merupakan bukti kepedulian insan pers Kulonprogo terhadap warga kurang mampu di sekitarnya. Apalagi, bakti sosial juga digelar dengan dilandasi keprihatinan atas dampak pandemi Covid-19 di sektor ekonomi.

“Mari kita dukung peran insan pers agar lebih optimal dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” katanya. (Unt)


Read previous post:
KELENTENG ‘HOK AN KIONG’ DI MUNTILAN (2-HABIS) – Awalnya Bangunan Bambu yang Disempurnakan Tahun 1929

SEIRING dengan perkembangan usahanya, mereka (Komunitas Tiong Hoa), juga memerlukan tempat untuk melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaan tradisional yang mereka

Close