Dipastikan Aman, Kulonprogo Bersiap Vaksinasi Covid-19

KULONPROGO sedang bersiap untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah pusat. Vaksinasi rencananya akan dilakukan pada pekan ini. Masyarakat kemudian diminta mendukung program tersebut demi memutus penyebaran virus Covid-19 sekaligus sebagai upaya mengatasi pandemi.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo dr Sri Budi Utami mengatakan, ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk melawan penyebaran Covid-19. Di ataranya menerapkan 4M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menghindari kerumunan. Selain itu, juga melakukan program 3T oleh tim gugus tugas yaitu tes, tracing atau pelacakan dan treatment atau pengobatan.

“Terakhir, yakni melaksanakan vaksinasi seperti yang saat ini diprogramkan pemerintah pusat. Vaksinasi sangat penting untuk memberikan kekebalan kepada masyarakat agar tidak terserang virus Covid-19,” kata dr Budi, Selasa (26/1).

Setelah disuntikkan, vaksin Covid-19 akan memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Akan ada pengenalan tubuh terhadap vaksin berisi virus yang sudah dilemahkan ini hingga terbentuk antibodi.

“Antibodi inilah yang nanti akan melawan jika ada virus yang sama datang menyerang,” jelas dr Budi.

Dengan demikian, tubuh manusia yang telah disuntikkan vaksin dapat lebih kebal terhadap serangan virus Covid-19. Program vaksinasi ini pun seolah menjadi harapan baru bagi masyarakat dalam mengatasi pandemi. Namun, dr Budi tetap mewanti-wanti agar penyuntikan vaksin tetap diikuti dengan penerapan protokol kesehatan mengingat program ini hanya merupakan salah satu upaya untuk melawan Covid-19.

dr Budi lantas meminta masyarakat Kulonprogo untuk menerima dan memahami serta menyukseskan program vaksinasi. Semua masyarakat diharapkan bersedia untuk divaksin. Jika semua sasaran sudah divaksin, maka akan tercapai kekebalan bersama sehingga secara perlahan dapat memutus rantai penularan. Sebagai upaya mewujudkan hal itu, sosialisasi ke masyarakat terus dilakukan untuk memberikan informasi lengkap seputar vaksin Covid-19.

“Kalau semua sudah punya kekebalan, Covid-19 akan menjadi seperti penyakit flu biasa,” imbuh dr Budi.

Di Kulonprogo, sosialisasi vaksinasi terus dilakukan melalui pesan singkat juga lewat Puskesmas. Sebagai jaminan ke masyarakat, sejumlah tokoh yang memenuhi syarat juga diminta untuk memulai pelaksanaan vaksinasi.

“Kami ingin meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 ini aman,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kulonprogo, dijadwalkan akan dilaksanakan pada pekan ini. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kulonprogo, drg Theodola Baning Rahajujati mengatakan, distribusi vaksin untuk wilayah Kulonprogo akan dilakukan hari ini, Rabu (27/1). Jumlah vaksin yang akan diterima Kulonprogo sebanyak 5.480 dosis.

Distribusi vaksin Covid-19 akan segera dilanjutkan dengan penyuntikan. Rencananya, vaksinasi juga akan dilaksanakan pada pekan ini, namun kepastian harinya belum dapat disampaikan. Menurut Baning, pihaknya masih fokus melakukan persiapan penerimaan vaksin serta menyiapkan jadwal pencanangan vaksinasi tersebut.

“Kita masih melakukan persiapan, rencananya vaksinasi dilakukan minggu ini,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kulonprogo, Astungkoro mengatakan, Pemkab telah meminta 10 tokoh sebagai penerima awal program vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo. Di antaranya Wakil Bupati, Kapolres, Komandan Kodim, Ketua DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat, publik figur setempat dan tokoh organisasi kemasyarakatan.

“Untuk Pak Bupati tidak masuk kriteria karena usianya,” ujar Astung.

Tokoh-tokoh yang masuk daftar penerima vaksin pertama di Kulonprogo itu sudah menyatakan kesediaannya. Vaksinasi akan dilakukan di RSUD Wates. Setelah 10 tokoh tersebut, vaksinasi akan dilanjutkan dengan menyasar tenaga kesehatan. Data sementara dari Dinkes Kulonprogo menyebut, ada sekitar 3.233 tenaga kesehatan yang bakal mendapat vaksinasi awal.

“Vaksinasi dilaksanakan secara bertahap, menyesuaikan dosis yang diterima dari pusat,” kata Astung. (Unt)

Read previous post:
ERUPSI MERAPI MASIH MENGANCAM-Diimbau Tetap Waspada Meski Boleh Pulang dari Pengungsian

Close