Lahan Underpass YIA Jadi Pasar Rakyat

WATES (HARIAN MERAPI) – Pembangunan pasar rakyat yang akan memanfaatkan lahan underpass di Yogyakarta International Airport (YIA) diharapkan dapat dipercepat. Hal itu bertujuan agar upaya peningkatan perekonomian masyarakat dapat segera terealisasi.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo menyampaikan, kerja sama yang dijalin antara Pemkab Kulonprogo dengan PT Angkasa Pura I selaku pengelola YIA merupakan upaya menyukseskan pembangunan dan kemasyarakatan di Kulonprogo. Karenanya, kerja sama tersebut diharapkan dapat betul-betul dimanfaatkan oleh OPD di lingkup Pemkab Kulonprogo.

“Salah satu bentuk kerja sama ini adalah pemanfaatan lahan di atas underpass yang akan dibangun pasar rakyat. Karena bukan merupakan area steril di YIA, pasar rakyat ini dapat didayagunakan oleh masyarakat untuk penjualan produk, kuliner atau yang lainnya,” kata Sutedjo dalam acara penandatangan MoU antara Pemkab Kulonprogo dengan PT Angkasa Pura I di Ruang Menoreh Kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (21/1).

Penandatanganan MoU tersebut bertujuan untuk membangun sinergi kerjasama yang saling menguntungkan dalam pemanfaatan keberadaan YIA demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hingga kini, realisasi pasar rakyat di atas lahan underpass masih dalam pembahasan.

Kesepakatan bersama yang dijalin Pemkab Kulonprogo dengan PT Angkasa Pura I akan berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang kembali. Kepala OPD diminta membuat perencanaan kegiatan yang bisa dikerjasamakan dengan PT Angkasa Pura I dengan dukungan anggaran pada alokasi APBD masing-masing.

Sementara itu, PTS General Manager YIA PT Angkasa Pura I Taochid Purnomo Hadi mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman dilakukan untuk menyinergikan potensi sumber daya dalam mengembangkan potensi daerah Kulonprogo. Selain itu, juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui konektivitas yang difokuskan pada perdaganagan, koperasi, UMKM, pariwisata, kebudayaan dan teknologi informasi. (Unt)

Read previous post:
Kepincut Ciblek yang Punya Ocehan ‘Ngebrem’

Close