Peran Prajurit TNI Patut Diapresiasi di Masa Pandemi

WATES (HARIAN MERAPI) – Prajurit TNI berperan penting dalam upaya penanggulangan Covid-19 di seluruh daerah se-Indonesia selama pandemi. Karenanya, perjuangan mereka patut diapresiasi serta diberikan motivasi agar tetap bersemangat melawan pandemi.

Hal tersebut ditegaskan motivator nasional, Dr Aqua Dwipayana dalam acara Saring Komunikasi dan Motivasi di Aula Makodim 0731/ Kulonprogo, Senin (18/1). Ia mengatakan, peran prajurit TNI bahkan tidak hanya pada penanganan Covid-19 saja, tapi juga berbagai bencana alam yang melanda negeri.

“Sejak tahun lalu pada awal pandemi Covid-19, TNI adalah tumpuan harapan masyarakat. Kerja keras mereka dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 sungguh luar biasa,” kata Aqua.

Ia meyakini, komunikasi yang baik dan kondusif kepada masyarakat menjadi kunci sukses TNI dalam perannya melawan pandemi. Mereka juga dituntut untuk menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya dengan melibatkan keluarga.

Kendati demikian, para prajurit TNI perlu dimotivasi dan diberi semangat agar mereka tidak merasa lelah dan jenuh dalam menjalankan ketugasannya. Terlebih, mereka bekerja 24 jam tanpa libur. “Kondisi masyarakat kita juga beragam sehingga pemahaman tentang Covid-19 tidak bisa diberikan secara instant. Bahkan, hingga saat ini masih saja ada orang yang tidak percaya virus Corona,” imbuh Aqua.

Karenanya, Aqua berharap perjuangan TNI dapat diapresiasi masyarakat. Pemberian apresiasi tidak selalu harus berbentuk materi. Masyarakat bisa mencontoh apa yang dilakukan para prajurit TNI dan menularkan kepada lingkungan sekitarnya.

Sementara itu, Dandim 0731/ Kulonprogo, Letkol Inf Yefta Sangkakala mengatakan, acara bertajuk Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut merupakan program dari Korem 072/ Pamungkas yang menyasar seluruh jajaran di DIY. Kulonprogo ditunjuk sebagai pelaksana pertama kegiatan ini.

“Dengan kehadiran beliau motivator nasional ini, diharapkan para prajurit beserta keluarganya bisa termotivasi sehingga memiliki semangat baru dalam menghadapi pandemi. Keadaan yang sekarang jangan sampai menurutkan semangat kita, pasti bisa bangkit lagi,” tegasnya.

Sangkakala kemudian meminta agar apa yang menjadi kebijakan pemerintah harus disukseskan. Masyarakat turut berperan menyukseskan kebijakan itu terutama dalam mengatasi pandemi Covid-19 dengan tertib menerapkan protokol kesehatan. “Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” tegasnya. (Unt)

Read previous post:
ilustrasi
Kabur Sebulan, Pencuri Belasan HP Ditangkap

Close