Ngaku Orang Pintar, Curi Perhiasan Lansia

KULONPROGO (HARIAN MERAPI) – Perempuan lansia warga Pedukuhan IV, Banaran Galur Kulonprogo, Juminem (60), menjadi korban penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Mengaku sebagai orang pintar, oknum tersebut mendatangi kediaman Juminem lalu membawa kabur perhiasan emas senilai puluhan juta rupiah.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan, peristiwa yang terjadi pada Kamis (19/11) tersebut bermula saat Juminem kedatangan tamu sekira pukul 14.30 WIB. Tamu pria tak dikenal itu mengendarai motor bebek warna hitam.

“Pelaku berpura-pura hendak membeli kapur gamping kepada korban,” kata Jeffry, Jumat (20/11).

Pria itu mengaku sebagai orang pintar. Ia kemudian menawarkan jasa untuk membantu membuat laris usaha yang dijalani Juminem. Syaratnya, Juminem harus mengeluarkan semua perhiasan emas yang dimiliki.

“Pelaku juga meminta korban membeli garam sebagai syarat,” imbuh Jeffry.

Tanpa curiga, Juminem menaruh perhiasan miliknya di atas meja. Perhiasan emas yang terdiri atas satu kalung seberat 25 gram, lima cincin seberat 20 gram dan satu gelang seberat 10 gram itu lantas ditutup menggunakan tutup termos. Juminem kemudian pergi ke warung untuk membeli garam. Namun betapa terkejutnya ia karena saat kembali ke rumah, pria tersebut sudah pergi.

“Menurut keterangan suami korban, pelaku pamit akan membeli rokok,” imbuh Jeffry.

Juminem kemudian mengecek perhiasan yang semula ditaruh di atas meja. Ternyata semua perhiasan tersebut sudah hilang dibawa kabur pelaku. Korban kemudian melaporkan peristiwa ini ke pihak berwajib.

“Kerugian yang dialami korban mencapai Rp 27 juta,” kata Jeffry. (Unt)

Read previous post:
Yogya Sosialisasikan UMK Tahun 2021

Close