Kulonprogo Siap Menjadi Daerah Produsen Bawang Bombai

MERAPI-AMIN KUNTARI
Panen bawang bombai Kelompok Tani Ngudi Mulyo di Donomulyo Nanggulan.

UJI coba penanaman bawang bombai di Kulonprogo menunjukkan hasil yang memuaskan. Selanjutnya, daerah ini berupaya menjadi daerah penghasil bawang bombai sebagai bagian dari perwujudan program Bela-Beli Kulonprogo.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Muh Aris Nugraha menyampaikan, uji coba penanaman bawang bombai dilaksanakan Kelompok Tani Ngudi Mulyo Penjalin, Kalurahan Donomulyo, Kapanewon Nanggulan dengan tiga jenis yakni 05, 06 dan 001. Benih disemai pada awal Mei lalu, dilanjutkan proses penanaman pada Juni dan panen pertengahan September.
“Hasil panen cukup baik dengan umbi yang besar. Kualitasnya tidak kalah dengan bawang bombai impor,” kata Aris, Minggu (27/9).

Ia menjelaskan, hasil panen bawang bombai umbi basah tertinggi jenis 06 yakni 7,14 kg per m2, kemudian jenis 011 seberat 6,24 kg per m2 dan jenis 05 seberat 4,52 kg per m2. Dengan hasil panen uji coba benih bawang bombai yang cukup memuaskan ini, pihaknya berharap akan ada program kelanjutan dan kerja sama dengan produsen benih Primasid.
“Terlebih, masih banyak daerah di Kulonprogo yang bisa digunakan untuk budidaya bawang bombai,” imbuh Aris.

Selain dalam penanaman, kerjasama juga diharapkan pada proses pemasaran hasil panen. Kulonprogo bahkan ditargetkan bisa menjadi daerah produsen bawang bombai untuk mencukupi kebutuhan sendiri bahkan regional dan nasional.
“Ini sekaligus mendukung program Bela Beli Kulonprogo,” tegas Aris.

Anggota Kelompok Tani Ngudi Mulyo Penjalin, Sumarsono menyampaikan, uji coba dilakukan untuk mendapatkan benih bawang bombai yang paling sesuai untuk dikembangkan di Kulonprogo. Hasil panen pada tahap uji coba ini cukup memuaskan. 
“Uji coba ini perlu dilakukan di daerah lain agar produksi bawang bombai di Kulonprogo bisa lebih banyak,” ucapnya.

Sumarsono menyebut, pada musim tanam berikutnya Ngudi Mulyo akan menanam bawang bombai jenis 06 karena hasilnya dinilai paling baik. Dalam uji coba, jenis ini mampu menghasilkan 7,14 kg per m2. (Unt)

Read previous post:
Muslimatun-Amin Purnomo Resmikan Rumah Pemenangan

NGAGLIK (MERAPI) - Memasuki masa kampanye, Calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun-Amin Purnama (MuliA) meresmikan Rumah Pemenangan sebagai

Close