Siswa SDN Clereng Belajar Wirausaha Sejak Dini

JIWA kemandirian memang perlu ditanamkan sejak dini. Salah satunya, dengan mengajarkan anak-anak tentang pentingnya wirausaha.

Pendidikan inilah yang diterapkan para pengajar SDN Clereng, Pengasih, Kulonprogo, kepada para siswa. Selama sepekan kemarin, murid-murid di sana diajarkan tentang pentingnya wirausaha demi melatih jiwa kemandirian mereka.

“Hampir semua siswa kami berikan pendidikan kewirausahaan ini, yakni anak-anak kelas III, IV, V dan VI,” kata salah satu guru SDN Clereng, Sri Ambaryanti.

Dalam pembelajaran itu, para siswa diminta membuat produk makanan dan minuman yang sederhana. Harganya murah, berkisar Rp 500 sampai dengan Rp 2.000 per item. Mereka yang membuat makanan atau minuman tradisional pun bisa mendapat tambahan nilai.

Pasalnya, ada ketentuan yang diterapkan pihak sekolah. Salah satunya, makanan atau minuman yang dibuat bukan merupakan jajanan instant. Sebalinya, sekolah lebih mengutamakan makanan basah.

“Dibuatnya di rumah, tapi tidak boleh dibantu orangtua,” kata Ambar.

Pembelajaran tentang kemandirian dan wirausaha di SDN Clereng tidak berhenti sampai di sini saja. Pagi harinya, para siswa diminta membawa hasil karya masing-masing untuk dijajakan di sekolah. Menggunakan meja yang ditata berjajar, makanan dan minuman yang dibuat mereka dipamerkan dan diperdagangkan.

Ada siswa yang membuat jus buah, dawet, juga puding. Selain itu, siswa juga membuat bakmi, nasi bungkus serta jajan pasar tradisional seperti cenil, getuk dan arem-arem. Cukup kreatif untuk ukuran anak sebayanya.

Ambar menerangkan, makanan dan minuman ini kemudian dibeli semua warga sekolah termasuk guru-guru. Anak-anak pun merasa senang karena uang yang digunakan sebagai modal bisa kembali, bahkan disertai keuntungan.

“Dari sini, mereka bisa belajar tentang seluk beluk wirausaha, mulai dari menyiapkan modal, membuat produk, memasarkan, hingga menghitung keuntungan. Ada banyak pembelajaran yang bisa diambil, terutama tentang kemandirian,” pungkas Ambar. (Unt)

Read previous post:
Komunitas Yasara Menginspirasi Lewat Buku Bahagia dengan Berkarya

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Komunitas sosial Yasara Indonesia meluncurkan buku ‘Bahagia dengan Berkarya’ di aula Petra Accessories Jalan Ketandan Yogyakarta,

Close