Tumbuhkan Pelaku Usaha Lewat Gebyar UKM

SEBAGAI upaya menumbuhkembangkan pelaku usaha di Kulonprogo, Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah bekerjasama dengan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia dan Pemkab Kulonprogo menggelar Gebyar UKM Gumregah di Halaman Pemkab Kulonprogo, Selasa (26/11). Dalam kesempatan ini, produk-produk UKM yang menjadi unggulan Kulonprogo dipamerkan kepada khalayak umum.

Pembukaan Gebyar UKM Gumregah dilakukan Bupati Kulonprogo, Sutedjo dengan pengguntingan pita. Acara seremonial ini juga dihadiri Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati, General Manager PT Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama, Pimpinan OPD, BUMD dan para pelaku UKM Kulonprogo. Setelahnya, juga digelar fashion show dan peninjauan stan pameran produk UKM.

Director of Youth Empowerment ICSB Indonesia, Danu Sofyan menyampaikan, Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten yang terpilih untuk penyelenggaraan kegiatan Gebyar UKM Indonesia 2019. Tujuannya, untuk mendukung pelaku UKM agar lebih maju dan berkembang.

“Supaya para pelaku UKM ini bisa terus maju dan tumbuh,” tegasnya.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo, menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM serta ICSB yang telah memberi kepercayaan kepada Kulonprogo atas penyelenggaraan acara Gebyar UKM Gumregah. Harapannya, ke depan pelaku usaha bisa lebih berkembang dan berdaya guna.

“Kami berharap pelaku usaha Kulonprogo lebih berkembang dan berdaya guna,” ujar Sutedjo.

Dalam kesempatan ini, Sutedjo meminta kepada pelaku UKM agar memetakan pasar untuk menjual produknya. Apa yang dibutuhkan oleh publik harus diketahui, setelah itu diikuti dengan langkah memproduksi jenis yang dibutuhkan publik.

Pada Gebyar UKM, diluncurkan tiga produk lokal baru Kulonprogo yaitu Tasbih Sang Kemuning, Lumpia Ares Gedhang dan Cookies Growol. Produk tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai cinderamata, sehingga mampu meningkatkan kesejahtearaan masyarakat.

“Kami berharap produk-produk yang telah diluncurkan bisa menjadi cinderamata oleh-oleh khas Kulonprogo,” imbuh Sutedjo.

Selain kegiatan Gebyar UKM, juga dilaksanakan Seminar Galang UKM edisi ke-4 Menuju UKM Brilian di Ruang Adikarto. Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk memotivasi para pelaku UKM Kulonprogo agar mampu meningkatkan produknya, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. (Unt)

Read previous post:
Urus Izin Praktik Kesehatan Cukup Lewat Ponsel

PENGURUSAN surat izin praktik tenaga kesehatan dan tenaga medis di Kota Yogyakarta kini semakin dimudahkan. Surat izin praktik itu bisa

Close