Warga Miskin Kulonprogo Belanja Rokok Rp 40 Miliar Pertahun

WATES (MERAPI) – Angka belanja rokok masyarakat Kulonprogo hingga kini masih terbilang tinggi, yakni mencapai Rp 100 miliar pertahun. Ironisnya, dari sekian itu, Rp 30 miliar hingga Rp 40 miliar dikeluarkan warga kurang mampu.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menyayangkan hal tersebut. Masyarakat, dinilainya masih mengutamakan belanja rokok daripada memikirkan masalah kesehatan. Ini dibuktikan dengan banyaknya warga Kulonprogo yang tidak sanggup membayar iuran kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Tidak mampu bayar BPJS tapi beli rokok lebih dari Rp 100.000 perbulan,” katanya dalam Sosialisasi Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulonprogo, Rabu (29/5).

Dalam kesempatan ini, Bupati Hasto juga menyampaikan keprihatinan akan banyaknya pelajar usia SMP atau SMA yang merokok. Belanja rokok untuk kalangan usia di bawah 19 tahun ini mencapai Rp 25 miliar pertahun.

Bupati Hasto berharap, digelarnya sosialisasi implementasi KTR bisa mengurangi jumlah perokok di Kulonprogo. Selain itu, anak-anak dan perempuan juga terlindungi dari bahaya asap rokok karena para perokok merokok di tempat yang disediakan.

“Saat ini konsumsi tembakau sebanyak 330 ribu ton pertahun. Dari sekian itu, yang dihasilkan petani sebanyak 190 ribu ton dan impor tembakau 140 ribu ton. Dengan mengurangi merokok, masyarakat Indonesia bisa juga mengurangi ketergantungan impor tembakau.

Sosialisasi implementasi KTR dihadiri Valendori Prakosa dari Muhammadiyah Tembakau Control Center (MTCC) dan Ki Sutikno dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Yogyakarta. Sosialisasi ini merupakan wujud penerapan Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang KTR di Kulonprogo. Selain sosialisasi, dilakukan pula Penandatanganan Komitmen Bersama Implementasi KTR di Lingkungan OPD oleh Bupati Hasto, kepala OPD dan tamu undangan.

Dengan adanya sosialisasi, diharapkan kepala OPD dapat memahami KTR dengan benar serta bersedia menerapkan di lingkungan masing-masing. Dalam pengawasannya, bahkan diterjunkan 10 petugas pemantau untuk membidik perokok yang merokok di sembarang tempat. (Unt)

Read previous post:
4 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Yogya Selama Lebaran

MANTRIJERON (MERAPI) - Diperkirakan sekitar 4 juta kendaraan akan melintas dan masuk Yogyakarta selama masa Lebaran 2019. Kondisi itu dipengaruhi

Close