Sandi Siap Bantu Pemasaran Batik Geblek Renteng

Sandiaga Uno melihat proses pembuatan batik motif Geblek Renteng. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

PENGASIH (MERAPI) – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno berencana membantu pemasaran batik khas Kulonprogo dengan motif Geblek Renteng. Salah satu upayanya, dengan menghadirkan sinergisitas para pengusaha di seluruh Indonesia.

Sandi meminta agar batik Geblek Renteng didorong menjadi produk andalan Kulonprogo. Dirinya meyakini, hal tersebut akan berdampak pada perkembangan UMKM Kulonprogo hingga berujung peningkatan kesejahteraan mereka.

“Permasalahannya adalah pemasaran (batik Geblek Renteng). Kami akan bersama-sama bekerja dengan jaringan OK OCE. Di Jakarta ada 92.000 pengusaha baru, kita akan hadirkan sinergi ekonomi yang bisa meningkatkan pemasaran,” katanya di Rumah Sandiaga Uno Kulonprogo, Derwolo, Pengasih, Jumat (22/6).

Produk-produk UMKM Kulonprogo, diyakini Sandi mengeliatkan ekonomi rakyat dan membuka lapangan kerja. Dirinya juga menyoroti harga bahan baku batik yang tidak stabil sehingga kerap menyulitkan perajin. Hal ini, menurutnya, karena Indonesia masih mengimpor batik dari negara-negara lain.

Kita akan stop banjir impor batik dan menguatkan industri dalam negeri. Sebaliknya, produk Indonesia harus diekspor ke luar negeri termasuk batik Kulonprogo bisa dijual ke mancanegara,” tegasnya.

Dengan desain yang kekinian, batik Geblek Renteng Kulonprogo diyakini bisa menarik generasi milenial untuk mengenakannya. Dengan demikian, anak-anak muda akan turut berperan dalam menjaga warisan budaya sekaligus mengembangkan pasar dalam negeri.

Rumah Sandiaga Uno, disebutnya akan menjadi cikal bakal Rumah Siap Kerja yang menjadi salah satu rencana program Sandiaga bersama Calon Presiden Prabowo Subianto. Di sana akan ada pelatihan UMKM serta dorongan bagi anak muda untuk menciptakan lapangan kerja. “Mereka bisa bergabung dalam program OK OCE,” ucapnya.

Sandi bahkan menargetkan kelahiran dua juta pengusaha baru di Indonesia jika bisa memenangkan Pemilu Presiden bersama Calon Presiden Prabowo Subianto, 17 April mendatang. Target ini akan diwujudkan melalui program OK OCE.

Selain di Rumah Sandiaga Uno, Sandi juga menghadiri panen padi di wilayah Ngestiharjo Wates dan berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo. (Unt)

Read previous post:
Karang Taruna Sindet Trimulyo Beri Bantuan Banjir Imogiri

IMOGIRI (MERAPI) - Karang Taruna Sindet Trimulyo (KTST), bersama warga Sindet Trimulyo Jetis Bantul, ikut berpartisipasi membantu korban bencana banjir

Close