GEDUNG SATPAS KULONPROGO DIRESMIKAN KAPOLDA DIY-Mampu Layani 500 Pemohon SIM Perhari

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri meninjau ruangan di Gedung Satpas Kulonprogo. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

WATES (MERAPI) – Gedung Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM (Satpas) milik Polres Kulonprogo diresmikan Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri, Rabu (16/1). Operasional gedung baru ini diperkirakan mampu melayani 500 pemohon SIM perhari, atau meningkat dua kali lipat dari kapasitas gedung sebelumnya.

Dalam kesempatan ini, dilakukan pula peresmian gedung baru Polsek Samigaluh. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Kapolda.

Saat menyampaikan sambutannya, Kapolda meminta agar keberadaan Gedung Satpas bisa berdampak pada peningkatan pelayanan masyarakat dalam penerbitan SIM baru atau perpanjangan. Seluruh personel yang bertugas kemudian diminta melayani sebaik mungkin

“Jangan hanya bangunannya saja yang bagus, tapi attitude dari anggotanya juga harus bagus. Pembangunan Satpas ini kan program promoter, saya berharap anggota juga semangat memberikan pelayanan,” katanya.

Ia menambahkan, Kulonprogo merupakan Polres ketiga di DIY yang memiliki Gedung Satpas. Sebelumnya, sudah ada Polresta Yogyakarta dan Polres Sleman, sementara Gunungkidul dan Bantul masih diusulkan karena terkendala lahan.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa disetujui,” imbuhnya.

Dalam persemian, Kapolda juga meninjau bagian-bagian Gedung Satpas didampingi Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution, Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo dan pejabat terkait.

Gedung Satpas baru milik Polres Kulonprogo ini berdiri di atas lahan seluas 1.800 meter persegi. Di dalamnya, ada sejumlah fasilitas seperti pojok buku dan ruang laktasi.

Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution mengutarakan, Gedung Satpas mampu melayani sekitar 500 pemohon SIM perhari, atau meningkat dua kali lipat dari sebelumnya yang hanya berkisar 200-300 pemohon perhari. Selain pelayanan yang diklaim lebih cepat, perangkat di gedung baru juga lebih mutakhir.

“Dengan gedung baru ini, kami targetkan layanan SIM bisa lebih cepat. Setelah ujian tertulis dan praktik, penerbitan SIM hanya butuh waktu 30 menit,” tegasnya. (Unt)

Read previous post:
MERAPI-HUMAS POLSEK DLINGO Anggota Polsek Dlingo dan Koramil Dlingo bersiap melakukan patroli mencagah aksi klitih.
Cegah Klitih, Polisi-TNI Patroli Bareng

BANTUL (MERAPI)- Aparat Polres Bantul sangat serius memerangi aksi kekerasan jalanan atau klitih. Patroli dilakukan secara rutin, termasuk menggandeng petugas

Close