Atraksi Budaya Sambut Wisatawan Tahun Baru

Pentas jathilan di Grubug, Jatisarono, Nanggulan oleh Sangar Kudho Wiromo Putro. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

NANGGULAN (MERAPI) – Jelang libur akhir tahun dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, Dinas Pariwisata DIY mulai menggelar berbagai even termasuk atraksi wisata dan budaya. Diharapkan, event-event yang digelar bisa menarik wisatawan hingga berujung pada peningkatan kunjungan ke wilayah DIY.

Atraksi Wisata Budaya di Kulonprogo berupa pentas seni jathilan di Grubug, Jatisarono, Nanggulan, Jumat (7/12). Jathilan dipentaskan Sanggar Kudho Wiromo Putro yang beranggotakan 65 orang.

Kasi Objek Daya Tarik Wisata, Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo mengatakan, even yang digelar merupakan bentuk penguatan upaya pelestarian seni dan budaya sebagai penunjang pariwisata. Nantinya, hal ini akan bermuara pada peningkatan kunjungan wisatawan. “Mereka akan tertarik dengan atraksi seni budaya yang ditampilkan sehingga berkunjung ke daerah tersebut,” kata Wardoyo.

Karena itulah, Wardoyo berharap para pelaku seni dan wisata bisa bersinergi untuk menambah kekuatan daya tariknya. Generasi muda juga diperlukan partisipasinya agar mereka tidak melupakan budaya yang dimiliki.
Di Grubug, Jatisarono, Nanggulan, atraksi budaya berupa pentas jathilan mampu menyedot antusiasme masyarakat. Ratusan orang memadati lokasi untuk menyaksikan pentas yang digelar selama lima jam ini.

Ketua Sanggar Kudho Wiromo Putro, Suparjo menyampaikan, pentas jathilan digelar untuk menyambut perayaan Tahun Baru 2019 sehingga suasana kampung menjadi lebih meriah. Di wilayah ini, pentas seni dan budaya memang selalu digelar secara rutin.

“Pada pentas jathilan kali ini, kami mengisahkan Panji Asmoro Bangun yang mencari Galuh Condro Kirono,” ungkapnya.

Dalam pentas, anak-anak sebagai generasi muda dilibatkan. Mereka mengambil peran sebagai buto-butonan atau penunggang kuda. Suparjo beranggapan, ini merupakan cara pihaknya dalam menarik minat generasi muda terhadap seni budaya. (Unt)

Read previous post:
Kampus Dosen Jualan  Bikin Semangat Berbisnis Online Meningkat

PERNAH mendengar tempat pelatihan kewirausahaan berlabel Kampus Dosen Jualan (KDJ)? Saat ini KDJ bahkan sudah berada di tiga kota besar,

Close