PEMKAB KULONPROGO ANGGARKAN RP 16 MILIAR-Honor GTT-PTT Naik Jadi Rp 1 Juta

WATES (MERAPI) – Pemkab Kulonprogo akan menaikkan honor Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT), mulai Januari 2019 mendatang. Honor yang semula Rp 750.000 perbulan, dinaikkan menjadi Rp 1 juta perbulan.

Kenaikan honor ini berlaku bagi GTT dan PTT dari jenjang TK hingga SMP baik negeri maupun swasta di bawah Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo.

Kepala Disdikpora Kulonprogo, Sumarsana menyampaikan, rencana kenaikan honor tersebut sudah disetujui Pemkab dan DPRD Kulonprogo. “Juga telah ditetapkan di APBD 2019,” katanya, Kamis (29/11).

Selain GTT PTT, Pemkab Kulonprogo juga menaikkan honor tenaga operator sekolah yang sebelumnya Rp 350.000 menjadi Rp 750.000 pada tahun depan. Pemkab bahkan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) serta mengikutsertakan mereka dalam program BPJS yang preminya ditanggung Disdikpora.

“Kebijakan ini kami ambil demi meningkatkan kesejahteraan para guru dan pegawai. Mereka diharapkan bisa berkonsentrasi bekerja sehingga mutu pendidikan Kulonprogo meningkat,” jelas Sumarsana.

Perhatian Pemkab pada dunia pendidikan ini, diharapkan bisa mewujudkan pendidikan karakter bagi para siswa. Mengingat anggaran yang dikucurkan tidak sedikit, yakni lebih dari Rp 13 miliar untuk 1.009 GTT PTT. Sementara untuk tenaga operator sekolah berjumlah 249 orang dengan anggaran sekitar Rp 2,4 miliar.

“Totalnya sekitar Rp 16 miliar. Itu masih ditambah tenaga baru pada tahun depan,” imbuh Sumarsana.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan, tenaga honorer Kulonprogo sudah mengabdi cukup lama. Kebijakan ini merupakan bentuk perhatian Pemkab akan peningkatan kesejahteraan mereka.

Dalam perhitungan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2019, pihaknya mengusulkan kenaikan alokasi honorarium dalam kegiatan peningkatan dan pengembangan PTK, PAUD, dan PNF di Disdikpora Kulonprogo.

“Saya juga akan mengupayakan perhatian dari pemerintah pusat agar ada kebijakan khusus terhadap tenaga honorer K2 dengan mengirim surat ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” katanya.(Unt)

Read previous post:
JAGA KESEHATAN SECARA ALAMI SAAT MUSIM PENGHUJAN (1) – Kerang Lancarkan Peredaran Darah

KESEHATAN atau kebugaran badan penting bisa dijaga sepanjang waktu. Tak ketinggalan pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Apalagi ada

Close