RASAKAN GEMPA SAAT SERAHKAN BANTUAN DI LOMBOK-Sutedjo Pilih Tidur di Tenda Darurat

Wabup Sutedjo
Wabup Sutedjo

WATES (MERAPI) – Sejumlah pejabat Pemda DIY bersama pemangku kepentingan kabupaten/kota di dalamnya, berkunjung ke Lombok NTB untuk menyerahkan bantuan kepada korban gempa, Minggu-Senin (19-20/8). Namun di sana, mereka justru merasakan goyangan gempa susulan, hingga harus bermalam di tenda darurat.

Salah satu pejabat yang turut dalam kegiatan penyerahan bantuan itu adalah Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo. Ia mengaku bersama sejumlah pejabat penting, di antaranya Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Rombongan ini membawa bantuan berupa selimut, perlengkapan bayi, bahan makanan dan uang tunai dengan nilai total Rp 90 juta.

“Tidak disangka, di sana malah merasakan langsung goyangan gempa susulan,” kata Wabup Sutedjo, saat dihubungi, Senin (20/8).

Ia kemudian bercerita, gempa berkekuatan 7.0 SR itu terjadi saat ia berada di salah satu kamar hotel wilayah Mataram. Wabup yang sedang menunaikan Salat Isya pun terkejut.

”Baru dapat dua rakaat, tiba-tiba ada guncangan hebat sekali dan cukup lama,” ujarnya.

Wabup bergegas keluar dan bertemu tamu-tamu hotel lain yang juga sedang berupaya menyelamatkan diri. Setelah goncangan mereda, Wabup bersama Kepala Dinsos P3A Eko Pranyoto, Kepala BPBD Ariadi, Kepala Bagian Rumah Tangga Bowo Pristianto dan seorang ajudan pun tidak berani kembali ke dalam hotel. Mereka justru memilih bermalam di tenda darurat, depan Kantor BPBD NTB.

“Gempa susulan masih terus terjadi. Tidak ada yang berani tidur di dalam kamar hotel,” jelasnya.

Wabup kemudian menyampaikan keprihatinan atas kondisi di wilayah Lombok. Para korban gempa terpaksa tidur di trotoar lantaran masih dibayangi-bayangi ketakutan akan terjadinya gempa susulan. Tidak sedikit di antaranya yang mengalami trauma.

”Kami mewakili Pemkab Kulonprogo turut prihatin dengan musibah ini. Semoga bantuan yang diberikan bisa meringankan beban para korban,” ujarnya. (Unt)

Read previous post:
PWI DIY Sembelih Kambing Kurban

UMBULHARJO (MERAPI) - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY pada Hari Raya Idul Adha 1439 H ini, akan menyelenggarakan penyembelihan

Close