Nanggulan Rintis Sentra Batik Lukis

Produksi Batik Sekar Niti di Temanggal Wijimulyo Nanggulan. (MERAPI-AMIN KUNTARI)
Produksi Batik Sekar Niti di Temanggal Wijimulyo Nanggulan. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

NANGGULAN (MERAPI) – Perkembangan industri batik di Kulonprogo mulai terjadi di wilayah utara, salah satunya Kecamatan Nanggulan. Daerah tersebut kini sedang berupaya merintis sentra batik terutama batik lukis, dengan menjadikan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai penggerak utama.

Batik lukis dipilih sebagai produk IKM di Kecamatan Nanggulan lantaran mulai diminati masyarakat. Padahal, saat ini belum semua IKM memproduksi batik lukis. “Potensi batik lukis di pasaran sangat bagus,” kata Camat Nanggulan, Duana Heru Supriyanta, Kamis (9/8).

Produk-produk batik IKM di Kecamatan Nanggulan, menurut Duana berkualitas baik. Proses pembuatannya rapi, teliti dan hati-hati sehingga hasilnya pun bagus. Ia menyebut, salah satu IKM batik di Kecamatan Nanggulan yang saat ini sedang berkembang adalah Batik Sekar Niti.

“Kami terus berupaya membantu perkembangannya, termasuk dalam promosi produk,” tegas Duana.

Tidak hanya memproduksi batik lukis, Sekar Niti juga membuat sejumlah produk lain seperti batik cap berupa pakaian jadi, sajadah, taplak meja dan sebagainya. Meski dibuat dalam banyak model, namun batik ini terbilang simpel dan elegan. Pemilik Batik Sekar Niti, Agus Nurtomo didampingi istrinya Sarwiyani menyampaikan, produksi batik tersebut dilakoninya di Dusun Temanggal, Desa Wijimulyo.

“Kami menggunakan kain katun yang berkualitas. Alhamdulillah, banyak disukai konsumen,” katanya.

Di rumah produksi ini, konsumen tidak hanya bisa membeli namun juga dapat memesan motif sesuai keinginan. Agus pun menyatakan kesiapan untuk melayani pembuatan seragam. Selama ini, Batik Sekar Niti mengandalkan promosi melalui media sosial seperti instagram.

“Harapannya, kalau ada masyarakat yang meproduksi baju misalnya, kami digandeng untuk menyediakan bahan,” pungkas Agus. (Unt)

Read previous post:
MERAPI-AMIN KUNTARI Badan truk yang mengalami kecelakaan tersangkut di pohon.
REM BLONG DI JALAN MENURUN-Truk Terjun Bebas ke Jurang

GIRIMULYO (MERAPI)-  Diduga mengalami rem blong, sebuah truk pengangkut tebu terjun bebas ke jurang di Dusun Ngroto, Desa Pendoworejo, Kecamatan

Close