Diterjang Gelombang Tinggi, Ikan Mati di Laguna Glagah Dipunguti

Warga memungut ikan yang mabuk di sekitar Laguna Pantai Glagah. (MERAPI-AMIN KUNTARI)
Warga memungut ikan di sekitar Laguna Pantai Glagah. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

WATES (MERAPI) – Masyarakat dan pelaku usaha di sekitar pantai selatan Kulonprogo melakukan kerja bakti, Minggu (29/7). Kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan lingkungan sekitar pantai dari sampah-sampah yang berserakan sebagai akibat dari terjangan gelombang tinggi dua pekan terakhir.

Di Pantai Glagah, tanggul dari gundukan pasir jebol diterjang ombak hingga air laut masuk ke Laguna. Sebagai dampaknya, ribuan ikan yang ditebar pada tahun lalu menjadi mabuk bahkan mati. Sampah-sampah pun ikut masuk memenuhi area Laguna.

Ketua Paguyuban Pedagang Kuliner Pantai Glagah, Gunarti mengatakan, kerja bakti dilakukan untuk meminimalisir dampak gelombang tinggi berupa sampah dan ikan. Dengan demikian, pengunjung yang datang untuk berwisata tidak terganggu kenyamanannya.

“Supaya pengunjung tetap nyaman berwisata di sini. Sebab selama gelombang tinggi menerjang, jumlah wisatawan sudah berkurang 50 persen,” katanya.

Sebagian warga kemudian mengumpulkan ikan-ikan yang masih segar untuk dimasak, sementara yang sudah berbau menyengat dibuang.

“Lumayan ini, bisa dimasak jadi lauk. Tapi memang harus dipilih yang masih hidup dan mengambang, atau yang sudah mati tapi kondisinya masih segar, belum lama matinya,” kata seorang warga, Djunarti.

Berbekal alat penangkap sederhana, warga mengumpulkan ikan-ikan di sekitar Laguna Pantai Glagah. Mereka beranggapan, ikan yang sudah mati dan tidak diambil justru akan berdampak buruk.

”Menimbulkan bau tidak sedap. Kalau sudah begitu, wisatawan akan berkurang,” imbuhnya.

Warga lain, Sriyanti menyampaikan, terjangan gelombang tinggi yang terjadi setiap tahun memang kerap menimbulkan kematian ikan. Biasanya, warga sekitar juga memanfaatkan ikan-ikan yang mabuk untuk dimasak.

“Ikannya masih sekarat, lalu kita panen. Kalau yang sudah mati dan bau dibuang,” ujarnya.

Ketinggian ombak Pantai Glagah masih berkisar empat hingga enam meter di kawasan pemecah ombak. Kondisi ombak ini sudah lebih kecil dibandingkan beberapa hari sebelumnya. (Unt)

Read previous post:
Ciplukan Rival Sakit Tenggorokan

TANAMAN ciplukan sudah tak asing lagi di masyarakat. Meski sering tumbuh liar, jenis tanaman ini diyakini mempunyai beberapa khasiat kesehatan

Close