Kulonprogo Siapkan Bantuan 100 Tangki Air Bersih 

Ilustrasi Pemkab Kulonprogo.
 

WATES (MERAPI) – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Kulonprogo menyediakan bantuan 100 tangki air bersih untuk mengatasi masalah kekeringan di wilayah itu.

Kepala Dinsos-P3A Kulon Progo, Eko Pranyata, Kamis (21/6), mengatakan, bantuan 100 tangki air bersih merupakan bantuan dana dekonsentrasi dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Kami memberikan bantuan air bersih sesuai proposal pengajuan dari masyarakat. Sampai saat ini, baru ada 10 proposal permohonan bantuan air bersih dari masyarakat,” ujarnya.

Ia mengemukakan wilayah yang mengalami kekeringan berdasarkan proposal yang masuk, yakni Kecamatan Sentolo, Girimulyo, Samigaluh dan Kalibawang.

Di Kecamatan Sentolo, terjadi di Desa Salamrejo. Di daerah itu ada penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) dengan kedalaman sumber air 30 meter, namun tidak mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat di wilayah itu.

Kemudian, di Kecamatan Girimulyo, desa yang mengalami kekeringan dan membutuhkan air bersih yakni Purwosani. Di wilayah itu ada sumber mata air yang dapat disalurkan ke rumah-rumah warga. Namun jarak sumber mata air dengan rumah warga sangat jauh, sehingga pompa air yang digunakan mengalami kerusakan. Pompa air dinyalakan secara terus menerus, dan menyebabkan kerusakan dalam dua bulan terakhir.

“Kami mendistribusikan air bersih dengan cakupan banyak, bukan perorangan dan berdasarkan proposal masyarakat. Sehingga, warga yang membutuhkan air bersih, silakan mengajukan proposal,” katanya.

Eko menyebutkan Dinsos-P3A juga melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo soal teknis distribusi air bersih, dan daerah mana yang menjadi prioritas bantuan air bersih.
Terkait status siaga darurat kekeringan, tambanya pihak yang berhak mengeluarkan status tersebut yakni BPBD.

Namun demikian, menurut dia, status itu belum mendesak dikeluarkan. Selain itu, menurut dia ketersedian 100 tangki air bersih mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat dalam beberapa waktu ke depan.

Ia mengatakan saat ini, Dinsos-P3A mengatasi situasi yang dianggap darurat saja. Menunggu status darurat terlalu lama. Untuk itu, Dinsos-P3A merespons dulu masyarakat yang sangat membutuhkan air bersih. (*)

Read previous post:
DPS Kulonprogo 334.932 Pemilih

WATES (MERAPI) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulonprogo menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019 sebanyak 334.932 pemilih. "Dari 334.932

Close