Sejumlah Pelayanan PNS Tetap Beroperasi Selama Lebaran

Kulonprogo Ciptakan Zona Bebas Korupsi
Sejumlah pelayanan Pemkab Kulonprogo tetap beroperasi selama libur Lebaran.

WATES (MERAPI) – Meski sebagian besar PNS menjalani cuti Lebaran, namun Pemkab Kulonprogo memastikan sejumlah pelayanan masyarakat tetap buka demi melayani para pemudik dalam kepengurusan administrasi.
Beberapa pelayanan publik yang tetap aktif di antaranya dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Rudiyatno mengakui cuti Lebaran pada tahun ini lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, masyarakat atau pemudik yang pulang kampung tetap bisa mengurus administrasi yang diperlukan, tanpa menunggu cuti Lebaran usai.

“Beberapa organisasi perangkat daerah tetap memberikan pelayanan. Hanya saja, hari dan waktunya terbatas,” kata Rudi, Rabu (6/6).

Dijelaskannya, pelayanan publik yang tetap buka meliputi Dindukcapil, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Disnakertrans. Dindukcapil akan tetap buka pada saat cuti bersama yaitu tiga hari sebelum Lebaran, Senin-Rabu (11-13/6) dan dua hari setelah Lebaran, Selasa-Rabu (19-20/6). Petugas siap memberikan pelayanan kepada masyarakat mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB setiap harinya.

“Ada 10 pegawai yang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat setiap harinya. Diharapkan, ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan terkait kependudukan,” katanya.

Senada dengan Dindukcapil, Dinas Sosial PPPA juga tetap buka pada tiga hari sebelum Lebaran yakni Senin-Rabu (11-13/6) dan dua hari setelah Lebaran yakni Rabu (20/6) dan Sabtu (23/6). Pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Pelayanan yang dibuka meliputi rekomendasi Surat Keterangan Tidak mampu (SKTM), Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), konseling kesiapan perkawinan anak serta perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan.

“Kemudian Disnakertrans membuka pelayanan kepengurusan pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK-1) selama dua hari yakni Selasa (12/6) dan Senin (18/6) mulai pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB,” pungkasnya. (Unt)

Read previous post:
PSS Majukan Jadwal Libur Lebaran

SLEMAN (MERAPI) - Manajemen dan Tim Pelatih PSS Sleman sepakat untuk memajukan jadwal libur Lebaran para pemain. Sebelumnya mereka dijadwalkan

Close