Jabatan Sekda Pati Ramai Digunjingkan

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pati, H drs Jumani MM. (Foto: Alwi Alaydrus)

PATI (MERAPI) – Kursi jabatan sekretaris daerah (sekda) Pati Jateng mulai ramai dibicarakan. Menyusul akan berakhirnya jabatan Ir H Suharyono MM pada 1 Oktober 2021 karena pensiun.

Sejumlah nama dari pejabat lingkup setda Pati yang berpeluang untuk menduduki jabatan Sekda, muncul sejumlah nama karena pernah menduduki jabatan Eselon II. Yaitu DR Drs Mohtar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian, Turu Atmoko (Kepala BPKAD). Serta Sugiyono (Kepala DPMPTSP), Tri Hayama (Kepala Nakertrans) dan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Jumani

Sedang dua pejabat senior, yaitu Kepala Bapermades Sudiyono dan Kepala Bappeda Pujo Winarno tidak memenuhi syarat karena umur. Mereka dikabarkan akan segera memasuki pensiun, sehingga kemungkinan tidak masuk ke bursa pencalonan.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pati, Jumani ketika dikonfirmasi, membenarkan jika Sekda Suharyono akan pensiun Oktober 2021.

“Namun untuk kapan pengisi pejabat baru, itu sangat tergantung pimpinan daerah” ujarnya, Senin (3/5).

Dijelaskannta, seleksi usulan pergantian Sekda dilakukan 3 bulan sebelum jabatan sekda menjelang pensiun. Untuk calon pengganti harus mempunyai atau pernah duduk di jabatan Eselon II, atau berumur 5 tahun sebelum pensiun.

“Pada saatnya nanti ada pendaftaran secara umum dan boleh diikuti oleh pejabat dari luar Pemkab Pati” tambah Jumani. (Cuk)

Read previous post:
Gara-gara Saling Pandang, Pemabuk Bacok 2 Mahasiswa

Close