Jalan Maitan – Kayen Rusak Parah

Keadaan jalan Maitan Pati yang rusak parah. (Foto: Alwi Alaydrus).

PATI (MERAPI) – Akses jalan dari desa Maitan kecamatan Tambakromo menuju Kayen, kondisinya rusak parah. Di beberapa ruas jalan, selain aspal mengelupas, juga banyak ditemukan kubangan (jeglongan) hingga sedalam 1 meter lebih. Akibat kondisi tersebut, menyebabkan seretnya percepatan roda perekonomian masyarakat, serta menghambat anak sekolah yang akan mengirim berkas laporan ke sekolahnya.

Jalan yang menghubungkan Maitan (Tambakromo) menuju wilayah kecamatan Kayen, sepanjang 15 kilometer, berstatus Jalan Kelas IV atau milik pemkab Pati. Namun selama 4 tahun terakhir ini, tidak ada perawatan atau perbaikan.

Akibat kondisi jalan yang rusak, menyebabkan arus lalulintas Maitan-Pakis- Beketel hingga Kayen menjadi tersendat. Keadaan semakin mengkhawatirkan, karena didapatkan tebing sepanjang 200 meter di dekat pertigaan punden Maitan, kondisinya nyaris runtuh. Jika sampai terjadi tanah longsor di kawasan tersebut, dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan warga. Karena dibawahnya terdapat puluhan rumah.

Sejumlah anak sekolah yang rumahnya di dukuh Pagergunung, juga harus mempertaruhkan nyawa jika ingin menuju dukuh Gebang dan Maitan. Karena sepanjang jalan yang dilalui, kondisinya rusak berat.

Para pelintas terpaksa harus antre. Karena tidak berani dengan kendaraan yang datang dari arah depan. Karena, jika sampai ada kendaraan berpapasan namun pengemudinya lengah, maka dipastikan terjadi petaka. Mereka bisa terlempar ke jurang.

Selain itu, sejumlah warga dukuh Pagergunung yang mau berobat atau melahirkan, juga tidak bisa ke puskesmas Tambakromo. Karena terhalang jalan rusak. Meski jarak tempuhnya lebih jauh, mereka harus memilih berobat ke Kayen atau ke kecamatan Gabus.

Kepala Desa Maitan, Padmo DH ketika dikonformasi, mengungkapkan, setiap tahun pihaknya selalu mengajukan perbaikan jalan Maitan-Kayen. Namun belum ada perbaikan.

“Mudah-mudahan, 2021 ini ada perbaikan. Karena kondisi jalan Maitan-Kayen sudah sangat rusak parah” ujar Padmo DH. (Cuk)

Read previous post:
Pemain Bintang PSS Datang Atas Permintaan Pelatih

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Aktivitas transfer PSS Sleman musim ini mengejutkan. Mereka mampu mendaratkan empat pemain bintang menjadi kompatriot anyar

Close