Air Banjir Dukuhseti Mulai Surut

Pengiriman bantuan untuk korban banjir di Dukuhseti. (Foto: Alwi Alaydrus).

PATI (MERAPI) – Ketinggian air banjir yang menerjang 11 desa di kecamatan Dukuhseti mulai surut, Jumat (26/2). Air sudah turun di sejumlah bibir sungai. Namun air belum bisa tuntas mengalir ke laut. Ini disebabkan, hilir sungai lebih tinggi daripada laut.

Wakil Ketua DPRD Pati, H Jhony Kurnianto ST MT mengaku bangga terhadap sikap tanggap warga Pati dalam menghadapi musibah banjir di wilayah Pati selatan maupun utara.

“Warga secara tulus langsung mengirim bantuan ke lokasi korban. Mereka tidak bicara masalah darimana organisasi, parpol atau agama. Ini sangat membanggakan” ujarnya.

“Sikap gotong royong warga Pati layak diapresiasi dan pantas dicontoh. Karena jika ada musibah, seperti banjir, mereka tidak pernah menyalahkan pihak lain” ucap Jhony Kurnianto, yang dikenal juga sebagai ketua DPC Partai Demokrat Pati.

Sementara itu, menejemen distribusi bantuan di Dukuhseti terlihat sangat bagus. Petugas mengarahkan para donatur untuk mencatatkan jenis bantuan di kantor kecamatan setempat. Selanjutnya Babinsa dan Babinkamtibmas mengantar para pejuang ke titik lokasi yang layak mendapat bantuan.

“Sehingga bantuan sampai ke sasaran secara tepat dan merata” kata camat Dukuhseti, Imam Rifai saat menerima bantuan dari kelompok Pati Garis Lucu.

Relawan bencana alam Dukuhseti, Selamet Riyadi, mengungkapkan pada kejadian banjir bandang tiga hari lalu, air meluber di desa Wedusan sampai 50cm, sebagai akibat meluapnya kali Gedi Tempur. Di desa Puncel ketinggian air 30-60 cm, Dumpil banjir merusak sawah 17 ha, tegalan 6 ha, dan tanaman tebu 2 ha. Di desa Bakalan merusak sawah 50 ha dan merobohkan rumah milik Sunoto.

Banjir di desa Kembang menyebabkan puluhan rumah terkepung air. Hal yang sama juga terjadi di desa Dukuhseti. Sedang di desa Alasdawa banjir disebabkan luapan air sungai desa Dumpil dan Grogolan. Air banjir juga menerjang desa Tegalombo, Banyutowo, dan Ngagel. (Cuk).

Read previous post:
Siap Disuntik, Pengemudi Betor Minta Jaminan Keamanan Vaksin

Close