Karanganyar Expo Online Solusi di Masa Pandemi

Buah-buahan hasil bumi ditswarkan di Karanganyar Expo (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Model promosi dalam jaringan (daring) dipakai di Karanganyar Expo Online 2020. Ajang tahunan untuk memamerkan dan bertransaksi produk unggulan Kabupaten Karanganyar itu akan diramaikan para pemilik usaha yang bergabung di toko online one-craft

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan penggunaan toko daring menjadi solusi memamerkan produk unggulan daerah di masa pandemi Covid-19. Karanganyar Expo yang biasanya digelar di kawasan alun-alun tidak memungkinkan lagi diulang saat ini. Di expo itu, berbagai produk unggulan Karanganyar dan sekitarnya dipamerkan ke khalayak, mulai kerajinan, kuliner, hasil bumi sampai jasa. Antusias pasar cukup tinggi, dibuktikan angka transaksi mencapai miliaran rupiah selama beberapa hari pameran.

“Karanganyar Expo secara online nanti basisnya komunitas. Pemda memfasilitasi saja ruang pamernya. Sedangkan penjual dan pembeli dipersilakan tawar menawar sampai jadi. Biasanya, Karanganyar Expo digelar secara terbuka di alun-alun. Tapi sekarang tidak memungkinkan, sehingga menggunakan sistem daring,” katanya di ruang kerjanya, Rabu (3/6).

Para peserta Karanganyar Expo online diharapkan teredukasi tentang pemakaian aplikasi toko daring. Para pengunjung toko daring dapat menyaksikan visualisasi proses produksi barang yang diminatinya. Kemudian cara penggunaan dan sebagainya. Visualisasinya menggantikan cara seseorang menentukan pilihan dari biasanya datang langsung ke pasar expo.

Titis mengatakan, Karanganyar Expo online membuka kesempatan pelapak dari berbagai penjuru dunia menawarkan barang dagangannya. Pun demikian calon pembeli yang tak terbatas domisili.

“Kadin dan beberapa pelaku usaha lain sudah mulai buka dagagangan di toko daring one-craft. Itu mirip seperti shopee. Aplikasinya ada di playstore. Dari uji cobanya, sudah ada pembeli asal Itali. Di ruang jual beli online itu membuka kesempatan masuknya reseller juga,” katanya.

Ia meyakini Karanganyar Expo online menjadi batu loncatan mempromosikan Kabupaten Karanganyar melalui produk unggulan yang bisa diakses secara mudah dan cepat selama tatanan kenormalan baru. Para pengguna gawai nirkabel dipersilakan melihat-lihat dulu produk unggulan Karanganyar secara virtual. (Lim)

Read previous post:
Bisnis Narkoba Online Marak, Polisi Amankan Ribuan Butir Pil Koplo

Close