Kantor Percetakan Ludes Terbakar

Kebakaran di kantor percetakan 'Bimex Offset'. (MERAPI-Abdul Alim)
Kebakaran di kantor percetakan ‘Bimex Offset’. (MERAPI-Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Kebakaran melanda sebuah kantor percetakan ‘Bimex Offset’ di Tegalasri Rt 04/Rw IV, Kelurahan Bejen, Karanganyar Kota, Kamis (23/8) pukul 19.30 WIB. Selain meluluhlantakkan bangunan, api melumat mesin dan produksi cetak. Kapolsek Karanganyar Kota, AKP Ridwan mengatakan kebakaran disadari pertama kali oleh warga di perkampungan berpenduduk padat itu. Sedangkan pemilik kantor sedang tidak berada di lokasi.

“Saksi mengatakan, melihat kepulan asap keluar dari atap. Mereka kesulitan menghubungi pemilik. Sedangkan di dalam kantor tidak ada orang,” katanya, Jumat (24/8).

Api yang terlanjur membesar, menyulitkan warga memadamkan secara manual. Mereka lantas menghubungi polisi dan unit pemadam kebakaran. Bahan mudah terbakar di dalam kantor seperti kertas, tinner serta bangunan berukuran 5X25 meter persegi dari kayu makin memperparah kondisi. Apalagi, tabung gas di dalam kantor ikut meledak. Petugas Damkar Karanganyar di lima unit mobil dibantu relawan dari SAR,

Satgas BPBD dan relawan lainnya sempat menunggu beberapa saat untuk proses pemadaman listrik, sebelum berjibaku di kepungan api. Menurut Kapolsek, tidak ada korban luka dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir Rp 300 juta.

Zainuddin, pemilik kantor percetakan ‘Bimex Offset’ mengatakan, meski dirinya berada di luar kantor, namun sempat mencium aroma hangus terbakar. Saat ditelusuri, ternyata api telah melumat barang-barang di dalam kantornya. Di dalamnya juga banyak pesanan dari klien yang belum selesai dikerjakan.

“Saya dan warga sekitar berusaha memadamkan. Tapi percuma karena kalah cepat dengan api,” kata pria yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian ini.
Berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP), kebakaran dipicu hubungan pendek arus listrik. (Lim)

Read previous post:
Pameran Sejarah dan Budaya ‘Skala Nasional’

TEMANGGUNG (MERAPI) - Pameran sejarah dan budaya digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Close