Harga Hewan Kurban di Pati Naik

Wakil bupati Pati, H Saiful Arifin SE mengecek hewan qurban. (MERAPI-Alwi Alaydrus)
Wakil bupati Pati, H Saiful Arifin SE mengecek hewan qurban. (MERAPI-Alwi Alaydrus)

PATI ( MERAPI ) – Wakil Bupati Pati, H Saiful Arifin SE meminta petugas Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) melakukan pengawasan ketat kesehatan hewan yang dijual untuk Qurban. “Kualitas dan kesehatan hewan qurban dari Pati harus terjamin dan dapat memenuhi permintaan pasar. Jangan sampai ada penularan penyakit hewan” ujarnya, Selasa (14/8).

Peringatan wabup tersebut karena untuk menjaga nama baik Pati, yang sudah dikenal sebagai daerah peternakan, seperti sapi, kambing atau kerbau yang berkualitas baik.

“Petugas Dipertanak harus melakukan pengawasan. Jangan sampai ada warga yang menjual hewan qurban tapi berpenyakitan” tegasnya.

Sementara itu, semakin mendekati hari idhul adha, harga ternak kurban di pasaran, melonjak. Seperti di pasar hewan ‘Wage” Margorejo, terjadi kenaikan harga hingga 20% dari hari biasa.

‘Harga kambing naik antara Rp 250 hingga Rp 350 ribu per ekor atau naik 15%” ucap Sukarno.

Namun menurut seorang pedagang ternak, Tomo mengatakan, pada harga sapi kenaikan mencapai 20 persen. “Pada hari biasa, harga sapi berkisar Rp 15 sampai Rp 17 juta. Tetapi saat ini naik menjadi Rp 20 juta” tuturnya.

Diperkirakan harga ternak akan terus merambat naik lagi. Namun kondisinya sangat tergantung dari tingkat permintaan dari pasar Jakarta. Apakah pada hari qurban nanti, pasar Jakarta sudah dipenuhi kiriman hewan dari NTB, Bali atau Jatim ?. Karena selama ini, hasil ternak dari Pati selalu dijual ke pasar Jakarta.

Kepala Dispertanak Pati, Mochtar Efendi mengaku bakal memantau ke pasar-pasar hewan. “Petugas akan memantau kesehatan hewan qurban, dan tingkat kestabilan harga. Mereka sudah mulai melakukan pemantauan sejak hari Minggu (12/8). Tim terdiri dari dokter dan mantri hewan” tambah Mochtar Efendi. (Cuk)

 

Read previous post:
Pembakar Rumah Orangtua Diadili

  BANTUL (MERAPI) - Terdakwa pembakar rumah, IA alias Brekele (23) warga Kaligondang Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul diseret ke kursi pesakitan

Close