Rohadi Widodo Tunggu Penetapan Mendagri

Sidang paripurna pengumuman pemberhentian Rohadi Widodo dari jabatan Wakil Bupati Karanganyar. (MERAPI-Abdul Alim)
Sidang paripurna pengumuman pemberhentian Rohadi Widodo dari jabatan Wakil Bupati Karanganyar. (MERAPI-Abdul Alim)

 

KARANGANYAR (MERAPI) – DPRD Karanganyar menggelar sidang paripurna pengumuman pemberhentian Rohadi Widodo dari jabatan Wakil Bupati, Senin (23/7) sore. Tahapan ini melengkapi administrasi permohonan pengunduran dirinya ke Mendagri.

Nantinya, SK pemberhentian tersebut dilampirkan Rohadi Widodo dalam berkas persyaratan calon legislatif ke KPU Karanganyar. Setelah tumbang di Pilbup, Rohadi maju di Pileg 2019-2024 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Dalam pasal 78 ayat 1 huruf b disebutkan, kepala daerah dan atau wakil daerah berhenti atas permintaan sendiri. Pada pasal 79 ayat 1 disebutkan, pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna,” kata Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto.

Dalam sidang paripurna dibacakan surat dari Rohadi Widodo Nomor 800/3.903.1.1 Tanggal 16 Juli 2018 perihal pengunduran diri sebagai wakil bupati karanganyar. Itu telah sesuai dengan mekanisme merujuk UU no 9 / 2015 tentang Perubahan Kedua Atas UU 23 / 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 12 / 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Propinsi, Kabupaten dan Kota.

Setelah disidangkan di paripurna, DPRD selanjutnya mengirimkan surat pemberhentian dan permohonan pengunduran diri tersebut ke Kemendagri melalui Gubernur Jateng.

“Penetapan pemberhentiannya nanti dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Karena bupati dan wakil bupati diangkat melalui SK dari Mendagri, maka pemberhentiannya juga lewat SK dari Mendagri,” jelasnya.

Dalam sidang itu dihadiri Bupati Juliyatmono, namun Rohadi Widodo absen. Pada Pilbup lalu, keduanya berhadapan memperebutkan kursi bupati Karanganyar periode 2019-2024.

“Apa yang dibutuhkan pak Rohadi, sebisa mungkin cepat dipenuhi. Ia berhenti dari Wabup itu haknya, karena mau nyaleg,” kata Juliyatmono.

Jabatan kosong Wakil Bupati yang ditinggalkan dipastikan tidak akan diisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sisa masa jabatan Rohadi Widodo sebagai wakil bupati 5 bulan menuju Desember 2018. Sedangkan pengangkatan pelaksana tugas wabup, minimal menyisakan sisa masa jabatan 18 bulan. (Lim)

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Kaca mobil korban pecah dilempar batu cah klitih
BATU MILIK CAH KLITIH TAK DITEMUKAN-Korban: Wajah Seperti Dilempar Pasir

TEMPEL (MERAPI)- Pelaku pelemparan mobil milik korban Ridwan warga Tegal Gentan, Margoagung, Seyegan, Sleman masih diburu polisi. Diduga pelaku merupakan

Close