TPS 07 Desa Ngijo Mirip Resepsi Pernikahan

Pemilih Pilkada serentak berpose di pelaminan TPS 07 Desa Ngijo, Tasikmadu. (MERAPI-Abdul Alim)
Pemilih Pilkada serentak berpose di pelaminan TPS 07 Desa Ngijo, Tasikmadu. (MERAPI-Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Suasana resepsi pernikahan terlihat di TPS 07 Desa Ngijo, Tasikmadu selama proses pemungutan suara berlangsung, Rabu (27/6). Sebuah rumah joglo milik salah satu warga sengaja didesain demikian untuk memantik partisipasi pemilih pemilu.

“Desain mantenan (resepsi pernikahan) ini baru sekali. Berulangkali coblosan menggunakan rumah mbah Wiro Sadimin ini. Tapi hanya biasa saja desainnya. Sedangkan kali ini, didekor, supaya merangsang warga berduyun-duyun ke TPS. Usai nuyoblos bisa selfi di pelaminan,” kata Anggota KPPS 07 Desa Ngijo, Wahyu Dwi Nugroho.

Layaknya di pesta pernikahan, warga disambut ramah oleh among tamu dari Linmas dan petugas KPPS. Mereka dipersilakan masuk melalui pintu barat sambil diminta menyerahkan formulir C6 dan KTP elektronik. Kemudian diberi dua lembar surat suara Pilbup Karanganyar dan Pilgub Jawa Tengah. Usai menyelupkan jari ke tinta, mereka keluar di pintu timur. Di situlah keasyikan bermula. Kaum ibu rumah tangga dengan keluarganya sibuk berpantas diri di sebuah kursi pelaminan tertulis ‘TPS 07’ dan ‘mohon doa restu’. Pelaminan berwarna dominan merah terpasang bunga pengantin, dekorasi buah-buahan dan janur kuning melengkung.

Sedangkan di ruangan utama itu terdapat empat bilik suara, kotak suara dan meja pendaftaran. Semua petugas mengenakan busana beskap landung komplit dengan blangkon di kepala dan menyelipkan keris di sabuknya. Di ruangan ini juga terdapat aksesori ruang resepsi seperti balon aneka warna, tanaman hias dan sebagainya. Di TPS ini, para istri anggota KPPS ikut mendampingi dengan mengenakan kebaya. Hanya saja, mereka berada di luar garis pemungutan suara.

“Total terdapat 422 pemilih di DPT RW IV. Semua nyoblos di TPS 07. Dekorasi ini, semuanya mandiri. Tidak ada yang menyewa. Kalaupun keluar uang, dari kas warga sendiri,” katanya.

Hingga pukul 11.30 WIB, ia mencatat 422 warga di DPT telah mencoblos. Ia menyebut tak ada kendala berarti, bahkan desain TPS unik tersebut diapresiasi para pimpinan forkopimda Karanganyar.

“Tadi setelah pak Yuli (bupati Juliyatmono) mencoblos, bersama-sama ke sini meninjau TPS 07. Sempat berfoto di pelaminan,” katanya. (Lim)

Read previous post:
Bupati Pantau Pelaksanaan Pilgub

SUKOHARJO (MERAPI) - Pelaksanaan pencoblosan Pilgub Jawa Tengah 2018 di Sukoharjo berjalan lancar. Animo masyarakat cukup tinggi dengan mendatangi tempat

Close