Surat Suara Rusak dan Berlebih Dibakar

Pemusnahan surat suara rusak dan kelebihan surat suara di halaman KPUD Karanganyar. (MERAPI-Abdul Alim)
Pemusnahan surat suara rusak dan kelebihan surat suara di halaman KPUD Karanganyar. (MERAPI-Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Pemusnahan kelebihan surat suara dan surat suara rusak menandai akhir persiapan pemungutan suara Pilgub Jawa Tengah dan Pilbup Karanganyar, Selasa (26/6) sore. Tim Satgas Pilkada serentak di Karanganyar memastikan kondusivitas jelang pemungutan suara.

Adapun surat suara Pilgub yang dimusnahkan di halaman kantor KPUD sebanyak 3.771 lembar. Dari jumlah itu, 2.542 lembar rusak karena proses penyimpanan. Sedangkan kelebihan surat suara 312 lembar. Sementara untuk surat suara pilbup, jumlah yang rusak sebanyak 229 lembar. Sementara kelebihannya sebanyak 335 lembar. Pemusnahannya dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan pada saat pelaksanaan pemungutan suara, Rabu (27/6).

“Diketahui rusak saat penyortiran dan pelipatan surat suara. Sedangkan kelebihan jumlah diketahui setelah dilakukan setting logistik. Sesuai ketentuan, kelebihan maupun surat suara rusak harus dimusnahkan dengan cara dibakar, disaksikan unsur dari Polres dan Panwaslu,” ungkap Ketua KPUD Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho kepada wartawan.

Sementara itu Ketua Desk Pilkada Serentak di Karanganyar, Samsi memastikan persiapan pesta demokrasi lima tahunan itu komplit. Pria yang juga menjabat Sekda Pemkab Karanganyar ini menerjunkan empat tim ke sejumlah kecamatan untuk memastikan kesiapan seluruh sarana prasarana pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng dan Bupati-Wakil Bupati Karanganyar. Di Kecamatan Ngargoyoso, tim mendatangi TPS 10 di Desa Ngargoyoso, yang akan digunakan calon bupati (cabup) Rohadi Widodo untuk nyoblos. Selain memastikan kesiapan KPPS, Desk Pilkada juga memastikan pengamanan lokasi pemungutan suara. Ketua KPU sempat meminta agar setting TPS diubah, agar alur keluar masuk pemilih lebih nyaman.

“Agar alur keluar masuk lebih nyaman. Perubahan setting ini tidak mengganggu esensi pemungutan suara,” katanya.

Setelah memastikan tidak ada persoalan, tim meluncur ke TPS 8 di Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu. Di TPS ini, cabup Juliyatmono akan menggunakan hak suaranya. Tidak ada perubahan setting yang dilakukan di TPS ini, namun Desk Pilkada meminta agar beberapa pintu ditutup tirai untuk menjaga kerahasiaan pemilih. (Lim)

Read previous post:
ilustrasi
Pacaran di Pantai Goa Cemara, Pasangan ABG Dipaksa Mesum di Hadapan 4 Berandalan

SANDEN (MERAPI)-Empat orang pemuda berandalan dilaporkan memaksa sepasang muda-mudi ABG untuk mesum di kawasan Pantai Goa Cemara, Sanden, Bantul, Senin

Close