Selama Dua Abad Hanya Dilabur Kapur, Rumdin Bupati Pati Direhab

Proses pengerjaan rehab pendapa kabupaten Pati. (MERAPI-Alwi Alaydrus)
Proses pengerjaan rehab pendapa kabupaten Pati. (MERAPI-Alwi Alaydrus)

PATI (MERAPI) – Hanya dilabur kapur (gamping) selama dua abad, akhirnya rumah dinas bupati Pati tahun 2018 ini dilakukan rehabilitasi. Anggaran yang disediakan sebesar Rp 2,9 miliar untuk rehab rumah dinas bupati, dan rehab pendapa Rp. 1, 8 miliar.

“Bangunan yang direhab, merupakan peninggalan bupati Condronegoro III (tahun 1837). Selama dua abad. interiornya hanya dilabur dengan kapur putih. Sehingga kapur semakin tebal, menyebabkan kayu jatinya tidak nampak” ungkap bupati Pati, H Haryanto SH MM MSI.

Ditemui wartawan usai meneliti proses pengerjaan rehab, Kamis (21/6) siang, bupati H Haryanto yang didampingi wakil bupati Saiful Arifin SE dan sekda Ir Suhayono MM mengaku sangat prihatin terhadap kondisi rumdin dan pendhapa kabupaten Pati yang terlihat kusam. “Karena selama dua abad tidak pernah dilakukan perbaikan, maka pendapa kabupaten terlihat jelek” tuturnya.

Beberapa titik yang mendapat penanganan khusus dalam proses rehab, diantaranya pada blandar kayu jati kuno yang kemudian diplitur. Atap yang semula dari beton diganti keramik berornamen dari tembaga.

Rehab rumah dinas bupati Pati disentuh dengan ornamen ukir-ukiran di ruang transit (peringgitan). Sentuhan ukir, juga dipadang pada interior ruang rapat Jayakusuma dan ruang kerja bupati.

Bahkan, untuk interior pendapa, dilengkapi 2 penyekat kayu jati yang diukir. Suasana pendhapa semakin mewah karena ditambah ornamen tembaga pada tiang- tiangnya.

“Rehab rumah dinas bupati dan pendhapa kabupaten Pati, agar semakin menarik perhatian tamu dari daerah lain” ucap bupati Pati. (Cuk)

 

Read previous post:
Tidak Ada ASN Sukoharjo yang Bolos

SUKOHARJO (MERAPI) - Tidak ditemukan pelanggaran aparatur sipil negara (ASN) bolos pada hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran, Kamis

Close